Waspadai Bila Nomor SIM Ponsel Tiba-Tiba Rusak

Waspadai Bila Nomor SIM Ponsel Tiba-Tiba Rusak

Waspadai Bila Nomor SIM Ponsel Tiba-Tiba Rusak

Waspadai Bila Nomor SIM Ponsel Tiba-Tiba Rusak
Waspadai Bila Nomor SIM Ponsel Tiba-Tiba Rusak

NASABAH bank harus mewaspadai apabila tiba-tiba terjadi

kerusakan kartu SIM pada ponsel Anda. Jangan-jangan kartu SIM ponsel Anda telah dipishing. Kepala Pusat Studi Forensika Digital Universitas Islam Indonesia (UII), Yudi Prayudi menjelaskan teknik yang dilakukan para pembobol nasabah bank dengan menggunakan SIM Card Swap. Yaitu upaya untuk mengelabui operator selular untuk meminta pergantian kartu SIM dari nomor tertentu.

“Teknik ini dilakukan untuk dapat mengambil alih nomor ponsel dengan target melakukan akses terhadap akun perbankan yang terdaftar pada nomor ponsel tersebut. Dalam hal ini, pelaku harus terlebih dahulu meyakinkan operator selular bahwa permohonan dirinya untuk melakukan pergantian SIM Card adalah valid dan dapat disetujui,” terang Yudi, Rabu (22/1).

Salah satu indikasi bahwa telah terjadi upaya SIM Card Swap terhadap nomor selular, apabila tiba-tiba nomor ponsel dan SIM Card tidak bisa digunakan, atau tidak aktif.

“Dugaan wajar dari pemilik SIM Card adalah adanya kerusakan pada SIM Card miliknya. Atau adanya gangguan jaringan sehingga nomor handphone tidak bisa digunakan,” ujarnya.

Yudi menjelaskan, sebenarnya prosedur pergantian SIM Card

itu sangatlah ketat. Setiap operator selular walaupun memiliki SOP yang berbeda dan mereka berusaha untuk mencegah terjadinya pergantian SIM Card oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Karenanya, pelaku kejahatan SIM Card Swap ini mengetahui dengan baik calon korbannya serta posisi terakhir dan rekam jejak transaksi perbankan dari calon korbannya.

“Mustahil pelaku melakukan SIM Card Swap pada calon korban

yang tidak memiliki rekap jejak nasabah calon korbannya,” tegasnya.

 

Baca Juga :