Urbanisasi Sebagai Salah Satu Faktor Timbulnya Sektor Informal

Urbanisasi Sebagai Salah Satu Faktor Timbulnya Sektor Informal
  • Urbanisasi Sebagai Salah Satu Faktor Timbulnya Sektor Informal

di Perkotaan

Di negara yang sedang berkembang, urbanisasi merupakan problem yang cukup kompleks untuk dipecahkan. Kota mempunyai daya tarik tertentu bagi orang desa, yaitu sebagai   pusat pembaharuan, pusat perkembangan ekonomi, puasat mode, pusat segala pendidikan, serta pusat hiburan. Dari berbagi observasi yang dilakukan motif orang desa pindah ke kota ada bermacam-macam, yaitu sebagai berikut :

Urbanisasi Sebagai Salah Satu Faktor Timbulnya Sektor Informal

  1. Melanjutkan pendidikan, karena di desa tidak tersedia atau mutunya kurang baik dibandingkan dengan di kota.
  2. Terpengaruh oleh informasi orang desa yang ada di kota bahwa kehidupan di kota lebih mudah.
  3. Tingkat upah lebih tinggi di kota.
  4. Keamanan lebih terjamin di kota.
  5. Adat atau agama lebih longgar di kota.

(Sukanto dan Karseno, 2001 : 111-112)

Proses urbanisasi di Indonesia disebabkan oleh faktor pendorong dan penarik. Faktor-faktor pendorong meliputi antara lain aspek-aspek ; perbandingan jumlah penduduk dengan luas tanah di pedesaan yang pincang, kurangnya lapangan kerja di luar bidang pertaniandan rendahnya pendapatan. Sedangkan faktor-faktor penarik mencakup antara lain aspek ; tarikan kota berupa lapangan kerja, upah yang lebih tinggi, kelengkapan prasarana dan sarana yang bada di kota, dan adanya selingan serta hiburan dalam kehidupan. (Radli Hendro Koetoer, 2001: 122)

Para migran yang mencari kerja dikota pada umumnya tidak memiliki keterampilan dan pendidikannya relatif rendah sehingga mereka tidak mendapatkan pekerjaan yang layak seperti yang diinginkan, sehingga alternatif yang dipilih dalam memenuhi kebutuhan hidupnya sebagian dari mereka terjun ke sektor informal.

sumber :

https://weshop.co.id/sewa-bus-pariwisata-kebumen/