Unsur-unsur yang membangun motivasi anak dalam dunia pendidikan.

Unsur-unsur yang membangun motivasi anak dalam dunia pendidikan.

  1. Media Pembelajaran

Media adalah benda, baik yang berupa perangkat keras atau lunak yang menjadi perantara terjadinya proses belajar. Media yang dipergunakan bisa berbentuk alat peraga atau sarana. Alat peraga mengandung ciri –ciri konsep yang dipelajari. Fungsinya untuk menurunkan keabtrakan konsep agar siswa mampu menangkap arti dari konsep tersebut. Alat peraga bisa dibuat guru/ siswa atau pabrik. Sarana adalah media pembelajaran yang berfungsi agar proses belajar dapat berlangsung dengan baik. Sarana yang dipergunakan dapat berupa perangkat keras atau perangkat lunak.

  1. Materi Pembelajaran

Materi yang akan diberikan dipersiapkan dengan matang dengan memperhatikan kondisi siswa. Materi yang akan dibelajarkan meliputi isi/ materi (konten), hubungan dengan bidang/ilmu lain (konteks) dan proses (transformasi isi/materi).

  1. Strategi dan metode Pembelajaran

Strategi dan metode pembelajaran juga mempengaruhi motivasi belajar siswa. Strategi dan metode yang dapat memotivasi siswa adalah strategi dan metode yang melibatkan siswa belajar sambil mengerjakan ( Learning by doing).

  1. Sikap Guru

Guru yang tidak mau repot, puas hanya dengan sasaran belajar pada tingkat rendah ( sisi kiri dari pola pembelajaran di atas). Diharapkan Guru mulai mencoba mengubah sikap dengan mengarahkan sasaranpembelajarannya pada tingkat menegah atau tingkat tinggi.

https://mitranet.co.id/us-army-survival-training-apk/