Siwak Meringankan rematik

Akhir-akhir ini, siwak telah menjadi tanaman yang tumbuh di tengah-tengah masyarakat. Selama ini siwak terbukti secara ilmiah mengandung bahan antibakteri yang baik untuk menjaga kesehatan mulut. Nah, ternyata kalibri memiliki calibarazione, bahkan siwak punya manfaat penting untuk meringankan gejala rematik. Bagaimana itu mungkin?

Rematik bisa lebih parah jika mulut tidak bersih

Rematik adalah penyakit autoimun yang biasanya ditandai dengan gejala nyeri sendi. Nyeri sendi pada rematik terjadi karena peradangan dan pembengkakan di membran sinovial. Membran sinovial adalah jaringan yang melindungi sendi.

Mungkin Anda telah menghindari berbagai hal yang dapat merusak sendi Anda. Tapi ini mungkin tidak cukup jika Anda tidak memperhatikan kebersihan gigi dan mulut.

Memang, sebuah studi yang dilakukan oleh Martin-Luther University Halle-Wittenberg dari Jerman menunjukkan bahwa mulut yang kotor dapat memperburuk rematik.

Dalam penelitian ini disebutkan bahwa bakteri P. gingivalis yang menyebabkan infeksi gusi dapat pindah ke membran sinovial dan akhirnya menyebabkan rheumatoid arthritis.

Para ahli mengatakan ini mungkin disebabkan oleh translokasi ekstraoral. Artinya, bakteri bisa berpindah dari mulut ke bagian tubuh lain, termasuk persendian. Nah, transfer bakteri ini menyebabkan perburukan peradangan pada rheumatoid arthritis.

Studi lain dari The Johns Hopkins Arthritis Center menunjukkan hal yang sama. Penelitian ini telah menemukan bahwa hingga 70% pasien rematik menderita periodontitis akibat penyakit gusi, di mana 30% menunjukkan gejala kerusakan gusi parah. Gejala-gejala ini mulai muncul pada tahap awal rematik.

Karena itu, menjaga kesehatan mulut, gigi dan gusi sangat penting untuk rheumatoid arthritis. Perawatan gigi dan mulut telah terbukti mengurangi gejala rematik, seperti pembengkakan dan nyeri sendi.

Karena itu, siwak dikatakan memiliki manfaat untuk mengurangi gejala rematik karena dapat menghilangkan bakteri di mulut.

Manfaat siwak untuk rematik
Berikut adalah manfaat menggunakan siwak untuk mengurangi gejala rematik:

1. antibakteri
Siwak telah terbukti menghentikan pertumbuhan bakteri yang menyebabkan kerusakan gigi dan gusi. Berdasarkan hasil penelitian, siwak mampu melawan berbagai jenis bakteri seperti bakteri gram positif dan gram negatif, yang menyebabkan masalah gusi.

2. Antiinflamasi
Seperti dijelaskan di atas, manfaat Siwak untuk rematik adalah peradangan tambahan yang terjadi dalam tubuh.

Dikutip oleh Arthritis.org, pasien yang juga diberi pengobatan karena mereka mengalami radang gusi sembuh lebih cepat daripada pasien yang hanya mengobati rematik saja.

3. Pengurangan rasa sakit
Nyeri sendi akibat radang sendi sebenarnya bisa diobati dengan Siwak. Kandungan senyawa polifenol (tanin) yang ditemukan di siwak telah terbukti membantu meringankan rasa sakit, termasuk rematik.

Cara menggunakan siwak untuk rematik
Setelah mengetahui manfaat Siwak untuk rematik, mungkin Anda berpikir tentang bagaimana menggunakan tanaman ini untuk mengobati penyakit ini. Ada beberapa metode yang dapat Anda pilih untuk menguji manfaat Siwak secara langsung.

Berikut ini beberapa cara menggunakan siwak untuk mengobati gejala rematik:

1. Sikat gigi Anda
Anda bisa menggunakan ranting Siwak seperti pasta gigi biasa. Caranya adalah dengan memotong ujung siwak sekitar 1 cm, kemudian mengunyah ujungnya untuk membentuk serat yang menyerupai bulu.

Anda bisa menyikat gigi dengan serat ini tanpa perlu pasta gigi tambahan.

2. Minyak atsiri
Anda juga bisa mencoba ekstrak siwak dalam bentuk minyak atau minyak atsiri. Oleskan minyak pada bagian tubuh yang terkena ketika rematik berulang.

3. Pasta gigi berbasis siwak
Saat ini, banyak pasta gigi terbuat dari Siwak. Ini tentu bisa menjadi alternatif jika Anda kesulitan menemukan cabang Siwak asli tetapi masih ingin mendapatkan manfaat rematik Siwak.

Anda bisa menggunakan pasta gigi untuk menyikat gigi seperti biasa agar selalu menjaga kebersihan mulut dan membantu mencegah munculnya gejala radang sendi.

Baca juga: