Sifat dan Perubahan Wujud Benda

Sifat dan Perubahan Wujud Benda

Sifat dan Perubahan Wujud Benda

Sifat dan Perubahan Wujud Benda
Sifat dan Perubahan Wujud Benda

Pengertian

Benda adalah segala sesuatu yang berada di alam dan mempunyai wujud. Benda disebut juga barang.

A. Sifat Benda

Coba kamu perhatikan pensil, sebotol sirup, dan sebuah balon berisi udara. Pensil, sirup dalam botol, dan udara dalam balon adalah contoh benda yang berbeda sifat. Pensil merupakan benda padat, sirup merupakan benda cair, dan udara dalam balon merupakan benda gas.
1. Benda Padat
sifat-sifat benda padat :  bentuknya tetap, menempati ruang, volumenya tetap, mempunyai berat, dan bisa diubah bentuknya dengan perlakuan tertentu. contoh : kertas, pensil, botol, kayu.
2. Benda Cair
sifat-sifat benda cair : bentuknya tidak tetap (http://bpbd.lampungprov.go.id/blog/makalah-sejarah-bpupki/)
(selalu mengikuti bentuk wadahnya), bentuk permukaan benda cair yang tenang selalu datar, benda cair mengalir ke tempat yang lebih rendah, benda cair menekan ke segala arah, dan benda cair meresap melalui celah-celah kecil. contoh : minyak, kecap, sirup, air.
3. Benda Gas
sifat-sifat benda gas : benda gas terdapat dimana-mana, benda gas menempati ruang, bentuknya berubah-ubah sesuai ruang yang ditempatinya, benda gas mempunyai
massa. contoh : udara yang terdapat di dalam balon.

B. Perubahan Wujud Benda

Beberapa peristiwa perubahan wujud benda, antara lain: mencair (melebur), membeku, menguap, mengembun, dan menyublim.
1. Mencair (Melebur)
Pernahkan kamu minum es sirup atau es teh? Coba perhatikan baik-baik! Mengapa es dalam sirup lama-kelamaan berubah menjadi air? Pernahkah kamu memasak dengan menggunakan mentega? Mengapa mentega berubah menjadi cair saat berada di penggorengan? Es dan mentega berubah wujud dari padat menjadi cair karena adanya kenaikan suhu (panas). Peristiwa perubahan zat padat menjadi zat cair dinamakan mencair atau melebur.
Image:es sirup.JPG
2. Membeku
Perubahan wujud benda cair menjadi benda padat disebut membeku. Contohnya adalah air akan berubah menjadi es ketika dimasukkan ke dalam freezer.
Image:lemari es.JPG 
3. Menguap
Pernahkan kamu merebus air di dalam cerek (ketel)? Jika pernah, bagaimanakah jika air dalam cerek tersebut dipanaskan terus-menerus? Air dalam cerek (ketel) lama-kelamaan akan habis. Ke manakah uap air panas yang keluar dari mulut cerek (ketel) itu? Uap air panas yang keluar dari mulut cerek tersebut berada di udara, hanya saja mata kita tidak mampu untuk melihat titik-titik uap air yang berada di udara. Peristiwa berubahnya zat cair menjadi gas disebut penguapan. Penguapan terjadi jika ada kenaikan suhu yang besar. Ada empat cara untuk mempercepat terjadinya penguapan, yaitu memanaskan, memperluas permukaan, meniupkan udara di atas permukaan, dan mengurangi tekanan di atas permukaan. Prinsip penguapan dapat digunakan sebagai dasar membuat mesin pendingin, seperti lemari es dan AC.
4. Mengembun

Mengembun adalah peristiwa perubahan wujud gas menjadi cair. Jadi, mengembun merupakan kebalikan dari menguap. Pada waktu gas mengembun, gas melepaskan kalor. Pernahkan kamu membuat minuman dingin, seperti es teh atau es jeruk? Bila kamu amati, bagian luar gelas tempat kamu membuat es teh atau es jeruk menjadi basah. Mengapa? Karena uap air dalam udara yang menyentuh gelas mengembun. Hal ini disebabkan suhu gelas lebih rendah daripada suhu uap air di sekitar gelas.

 5. Menyublim
Menyublim adalah peristiwa perubahan zat padat menjadi gas atau sebaliknya. Untuk membedakannya, kamu bisa menggunakan istilah melenyap dan mengkristal. Melenyap adalah peristiwa perubahan wujud padat menjadi gas. Mengkristal adalah perubahan wujud gas menjadi padat. Contoh melenyap dan mengkristal adalah kapur barus ataupun kamfer.