Sejumlah negara manfaatkan Global Transparency Initiative Kasperksy Lab

Sejumlah negara manfaatkan Global Transparency Initiative Kasperksy Lab

Sejumlah negara manfaatkan Global Transparency Initiative Kasperksy Lab

Setelah berjalan hampir satu tahun, sejumlah negara telah memanfaatkan gerakan Global Transparency Initiative dari Kaspersky Lab. Inisiatif ini memungkinkan pelanggan ataupun pemerintah untuk melihat sumber kode milik Kaspersky Lab.

“Sejumlah negara, salah satunya Kementerian Pertahanan Brasil,

” ujar Corporate Communications Manager Kaspersky Lab South East Asia, Sanjeev Nair, dalam temu media di Jakarta, Selasa.

Tidak hanya Brasil, Territory Channel Manager Kaspersky South East Asia – Indonesia, Dony Koesmandarin, mengatakan bahwa salah satu agensi Indonesia juga pernah diundang untuk membuktikan transparansi yang dilakukan Kaspersky Lab.

“Mereka duduk di Moscow. Semuanya dijelaskan bagaimana sistem berjalan, mereka juga diperlihatkan data center,” kata Dony.

Untuk dapat mendapatkan akses melihat secara langsung pusat data Kaspersky Lab,

menurut Sanjeev tidaklah sulit. “Kontak perwakilan Kaspersky lokal untuk inisiasi pembicaraan ke headquarter,” ujar dia.

Sebagai perwakilan Kaspersky Lab di Indonesia, Dony mengatakan akan melakukan “screening” terlebih dahulu terhadap pihak yang meminta akses.

“Apakah ini orang independen.. enggak terlalu complicated, tapi yang jelas

dia punya capability untuk membaca resource,” ujar Dony.

“Apalagi kalau mereka sudah punya starting-nya seperti apa, apa yang akan mereka lakukan kita juga akan opening dengan lebih baik,” tambah dia.

 

Baca Juga :