Problema yang Dihadapi oleh Perencana Pendidikan

Problema yang Dihadapi oleh Perencana Pendidikan

Problema yang Dihadapi oleh Perencana Pendidikan

Problema yang Dihadapi oleh Perencana Pendidikan

            Pada pendidikan tingkat mikro, para perencana pendidikan umumnya dihadapkan pada permasalahan yang spesifik akibat dari adanya permasalahan-permasalahan pokok sebelumnya, yaitu:

  1. Pemilihan Model Penyampaian

Pemilihan model penyampaian haruslah yang sesuai dengan pelaksanaan pendidikan saat ini. Hal ini berkaitan dengan problema demokratisasi pendidikan, keadilan pendidikan, efisiensi, dan relevansi pendidikan.

            Sistem pendidikan formal dan non formal untuk memecahkan suatu permasalahan pendidikan masih menjadi persoalan, karena sulit untuk menentukan mana yang seharusnya untuk dipilih. Maka dari itu negara-negara di kawasan ASEAN menggunakan keduanya baik secara sendiri-sendiri atau konvergensi. Model penyampaian yang telah digunakan yaitu secara konvensional dan modern, namun sayangnya belum dilakukan evaluasi secara sistematis dan menyeluruh yang dapat ditentukan mana yang lebih efektif dan efisien.

            Selain itu, ada juga masalah yang terkait dengan model penyampaian yaitu masalah inovasi dan teknologi pendidikan. Penelitian yang sudah sistematis dalam permasalahan ini membantu menjelaskan isu-isu dan masalah-masalah dalam penerapan model penyampaian yang berbeda. Seperti yang diselenggarakan oleh INNOTECH yaitu sekolah pamong (Instructional Management by Parent, Community and Teacher) dan RIT (Reduced Instructional Time) yang telah dilakukan di Thailand, yang berusaha mengembangkan model penyampaian pengajaran yang efektif dan efisien.

            Setiap perencana pendidikan haruslah menempatkan perhatian pada pencapaian tujuan dari sistem tersebut tetapi tetap memerhatikan standar pada rancangan sistem baik di lingkungan lokal maupun di lingkungan nasional. Seperti halnya sistem pengajaran yang dikembangkan, proyek lain juga perlu dilihat keefektivitasnya dengan berpedoman pada pencapaian tujuan pendidikan nasional.

            Penemuan alat-alat baru terutama alat produksi agar membuat pekerjaan menjadi lebih efisisen dan inovasi dalam ilmu pengetahuan sangat dipengaruhi dengan adanya ketersediaan keuangan. Seperti halnya negara miskin pada umumnya yang mempunyai keterbatasan pada sumber-sumber potensial yang dimilikinya karena terkendala dengan adanya keuangan, sehingga potensi-potensi yang ada belum berkembang secara optimal. Oleh karena itu, negara-negara yang memiliki permasalahan tersebut harus mencari jalan atau alternatif lain untuk mengatasi masalah tuntutan pada pendidikan dan pekerjaan yang ada di dalam masyarakat yang secara terus-menerus mengalami perubahan dan kemajuan secara cepat.

sumber :

American Monster vs Stickman Sniper Modern Combat v1.1.2 Apk