Pihak yang terlibat dan fasilitas yang diberikan

  Pihak yang terlibat dan fasilitas yang diberikan

Dalam kegiatan transaksi perusahaan anjak piutang terdapat tiga pihak yang saling berkepentinagan. Tanpa keterlibatan ketiga pihak tersebut, maka kegiatan perusahaan anjak piutang tidak akan berjalan sebagai mestinya.[4]

Adapun pihak pihak yang terlibat dalam kegiatan transaksi anjak piutang adalah sebagai berikut.

  1. Kreditor atau klien yang menyerahakan tagihannya kepada pihak anjak piutang untuk ditagih atau dikelola atau diambil alih dengan cara dikelola atau dibeli sesuai perjanjian dan kesepakatan yang telah dibuat.
  2. Perusahaan anjak piutang (factoring), yaiutu perusahaan yang akan mengambil alih atau mengelola piutang atau penjualan kredit debiturnya.
  3. Debitur yaitu nasabah yang mempunyai masalah  (utang) kepada kreditor klien.

Adapun caranya ialah :

  1. Kreditor menyerahkan persoalan piutangnya kepada perusahaan anjak piutang baik secara memberitahukan kepada debitur maupun tidak
  2. Perusahaan anjak piutang melakukan penagihan kepada debitur sesuai dengan kesepakatan yang telah dibuat dengan kreditor.
  3. Debitur membayar kepada perusahaan anjak piutang.
  4. Perusahaan anjak piutang membayar sesuai tanggung jawabnya kepada kreditor sesudah semua persoalan utang piutang diselesaikan.

Adapun fasilitas fasilitas yang diberikan anjak piutang adalah :

  1. Berdasarkan pemberitahuan
  2. Disclosed

Dalam penagihan piutangnya dengan sepengetahuan debitur.

  1. Undisclosed

Dalam penagihannya tanpa sepengetahuan si debitur, kecuali jika ada pelanggaran terhadap kesepakatan yang telah dibuat dan atau oleh perusahaan anjak piutang mengandung suatu resiko.

  1. Berdasarkan tanggung jawab
  2. Withrecourse

Dalam hal apabila si debitur tidak mampu untuk melunasi segala kewajibanya, maka resiko kredit terssebut menjaditanggung jawab pihak sikreditor dan pihak anjak piutang mengembalikan tanggung jawab penagihannya.

  1. Without recourse

Apabila semua resiko yang tidak terbayar dalam suatu penagihan piutang menjadi tanggung jawab pihak anjak piutang sepenuhnya dan bukan tanggung jawab kreditor.

  1. Berdasarkan pelanggan
  2. Fuul service factoring

Memberikan semua jenis fasilitas jasa anjak piutang baik dalam jasa pembiayaan maupun non pembiayaan, termasuk fasilits untuk menanggung resiko terhadap kredit yang macet.

  1. Resource factoring

Hampir semua fasilitas anjak piutang kecuali proteksi terhadap resiko tidak terbayar tagihannya.

  1. Bulk factoring

Hanyalah fasilitas pembiayaan dan pemberitahuan jatuh tempo pada debitur.

  1. Maturity  factoring

Perlindungan kredit yang meliputi pengurusan atas penjualan, penagihan dari debitur dan perlindungan atas piutang dan dalam jenis ini jasa yang diberikan adalah tanpa pembiayaan.

  1. Invoice discounting

Hanyalah untuk yang berbentuk pembiayaan anjak piutang.

  1. Undisclosed factoring

Memberikan proteksi terhadap kemacetan pelunasan piutang sampai dengan persentase tertentu dari jumlah faktur yang telah disetujui.

https://bugscode.id/grim-facade-apk/