Pengukuran Variabel Penelitian

  1. Pengukuran Variabel Penelitian

1. Variabel Penelitian

   Dalam penelitian ini peneliti menggunakan dua variabel yaitu: Variabel    independen dan variabel dependen, yang dapat dijelaskan sebagai berikut:

    a.  Variabel independen

Variabel ini sering disebut variabel stimulusprediktor, antecedent. Dalam bahasa Indonesia sering disebut sebagai variabel bebas. Variabel bebas merupakan variabel yang mempengaruhi atau yang menjadi sebab perubahan atau timbulnya variabel dependen (terikat) (Sugiyono, 2004: 33). Variabel independen (variabel bebas)dalam penelitian ini yaitu  dimensi kualitas pelayanan (X) yang terditi dari: tangible atau bukti langsung (X1), reliability atau kehandalan (X2),  responsiveness atau daya tangkap (X3), assurance atau jaminan (X4) dan  empathy  (X5).

  b.   Variabel dependen

Variabel dependen sering disebut sebagai variabel output, kriteria, konsekuen. Dalam bahasa indonesia sering disebut sebagai variabel terikat. Variabel terikat merupakan variabel yang dipengaruhi atau yang menjadi sebab akibat karena adanya variabel bebas (Sugiyono, 2004: 33). Variabel dependen (variabel terikat) dalam penelitian ini yaitu: Kepuasan konsumen (Y).

2. Skala Pengukuran

Penelitian ini mengunakan alat ukur kuesioner yang bersumber dari penelitian Parasuraman tentang kualitas pelayanan dan kepuasan konsumen. Formasi definisi operasional penelitian ini menggunakan teknik scoring.  Teknik scoring yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala likert digunakan untuk mengukur sikap, pendapat dan persepsi atau sekelompok orang tentang fenomena sosial (Sugiyono, 2004: 87).

Dengan skala likert, maka variabel yang akan diukur akan dijabarkan menjadi indikator variabel. Kemudian indikator tersebut dijadikan sebagai titik tolak untuk menyusun item-item instrumen yang dapat berupa pernyataan atau pertanyaan.

Jawaban setiap gradasi dari sangat positif sampai sangat negatif, yang dapat berupa kata-kata yaitu:

  1. Sangat Setuju              : dinilai 5
  2. Setuju                          : dinilai 4
  3. Cukup setuju               : dinilai 3
  4. Tidak Setuju               : dinilai 2
  5. Sangat Tidak Setuju    : dinilai 1

 

https://bingkis.co.id/gold-rush-apk/