Pengertian Tari Merak

Tari Merak – Indonesia benar-benar terkenal dengan kekayaan budayanya yang beragam. Budaya tradisional atau modern semuanya menarik untuk dipelajari. Di antara jenis-jenis budaya tradisional ini ada seni tari. Jenis tarian tradisional ini juga bervariasi sesuai dengan provinsi masing-masing.

Jenis tarian yang sangat terkenal adalah tarian merak. Tarian merak ini adalah tarian khas yang berasal dari provinsi Jawa Barat. Jenis tarian ini menunjukkan kreasi baru yang mengekspresikan kehidupan seekor merak. Gerakan tarian merak diambil dari perilaku burung merak.

Pengertian Tari Merak

Jadi dia disebut dalam seni pertunjukan oleh seorang seniman Sudan bernama Raden Tjetjep Soemantri. Jenis tarian ini adalah jenis tarian modern (kontemporer). Ini berarti bahwa gerakan-gerakan dalam tarian merak diciptakan secara bebas menggunakan kreasi mereka sendiri.

Tarian ini tidak mengandung tarian rakyat tradisional atau tarian klasik tradisional. Bagi masyarakat provinsi Jawa Barat, tarian merak ini adalah tarian kebanggaan nasional mereka.

Tari merak

Sejarah tari merak
Fitur tari merak
Fungsi tarian merak
Kostum tari merak lengkap dengan aksesoris
1. Bagian utama
2. Bagian tubuh
3. Dana
Sejarah tari merak
Tarian merak

Tarian merak ini berasal dari daerah Jawa Barat, lebih tepatnya di daerah Pasundan. Pada 1950-an ada koreografer Jawa Barat yang terkenal. Koreografer yang sama bernama Raden Tjetjep Soemantri. Dialah yang menciptakan gerakan tarian yang akhirnya disebut tarian merak.

Seni menari merak adalah penerapan kehidupan (perilaku) burung merak. Lebih tepatnya, gerakan tarian diambil dari perilaku burung merak jantan ketika mereka ingin menarik burung merak betina. Pergerakan seekor merak saat itu menunjukkan keindahan bulu ekornya.

Gerakan ini bertujuan untuk menarik perhatian seekor merak betina. Namun seiring dengan perkembangan era tari merak di Jawa Barat itu telah mengalami beberapa perubahan dibandingkan dengan gerakan aslinya. Dalam penampilan mereka, tarian merak biasanya dilakukan oleh penari berpasangan.

Tarian Sirih Rahasia
Setiap penari memainkan peran merak jantan atau merak betina. Tarian merak ini diiringi oleh musik ucul tiger.

Dengan iringan musik para penari menggerakkan tubuh mereka dengan anggun seperti perilaku seekor merak. Gerakan tarian yang dilakukan oleh para penari sangat indah.

Sehingga bisa membuat suasana jadi ceria dan istimewa. Tidak heran tarian merak dipamerkan secara luas di acara-acara nasional dan internasional.

Fitur tari merak
Tarian merak
Setiap tarian harus memiliki karakteristik uniknya sendiri. Atau Anda juga bisa melakukan gerakan Anda yang berbeda dari gerakan jenis tarian lainnya. Inilah kelebihan dan karakteristik tarian itu sendiri. Apa yang membuat karakteristik tarian merak adalah sebagai berikut:

Gaun atau kostum memiliki motif seperti bulu merak, yang menggambarkan bentuk dan bulu merak itu sendiri. Seperti warna biru, hijau dan hitam. Kostum ini juga memiliki sepasang sayap yang mirip dengan ekor merak yang sedang dikembangkan. Ada juga ornamen di kepala masing-masing penari dalam bentuk mahkota.
Gerakan-gerakan dalam tarian merak ini sangat mirip dengan perilaku seekor merak jantan, yang mencari lagi perhatian seekor merak betina. Gerakan ini dilakukan dengan gerakan anggun.
Tarian merak ini dilakukan dengan kawin. Ada peran sebagai merak jantan seperti merak betina.

Sumber : https://santinorice.com