Pengertian Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal

Pengertian Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal

Pengertian Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal

Pengertian Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal
Pengertian Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal

Berikut ulasan mengenai materi belajar tentang Pengertian Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal Yang dapat kalian jadikan acuan untuk belajar. Silahkan disimak!

Pendidikan merupakan salah satu bidang untuk memajukan bangsa.

Pendidikan yang baik akan membentuk dan meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM). Konsekuensi loisnya adalah jika SDM baik maka kemampuan masyarakat suatu bangsa akan dapat bersaing dengan masyarakat bangsa yang lainnya. Jika demikian msyarakat Indonesia akan mampu membawa bangsa ini menuju pada jajaran bangsa-bangsa maju di dunia.

 

Kata pendidikan tidak asing lagi oleh semua lapisan masyarakat

karena pendidikan dilakukan di setiap sudut kehidupan. Baik di kota, di desa, di dataran rendah, di dataran tinggi, di daerah pesisir, serta di daerah pegunungan. Pendidikan adalah usaha sadar dan terncana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengambangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta ketrampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan Negara. (UURI No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional)

 

Pendidikan berbasis unggulan lokal merupakan

makna yng terdari beberapa unsure kata yaitu pendidikan, basis, dan lokal. Pendidikan telah diuraikan sebagai usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar agar peserta didik secara aktif dapat mengembangkan potensi dirinya. Sedangkan basis dalam adalah asar dasar yang digunakan untuk melakukan suatu tindakan atau kegiatan. Keunggulan Lokal mempunyai makna segala sesuatu yang merupakan ciri khas kedaerahan yang mencakup aspek ekonomi, budaya, teknologi informasi dan komunikasi, ekologi, dan lain-lain. Keunggulan lokal atau local genius juga dapat diartikan sebagai kekayaan potensi yang dapat dikembangkan yang merupakan hasanah kehidupan yang dewasa ini masih belum diberdayakan secara optimal bahkan tidak sedikit yang ditinggalkan. Kandungan local juga merupakan kondisi dan kekuatan yang ada di lokasi atau daerah tertentu yang satu sama lain berbeda tetapi tetapi masih dalamkeutuhan nasional dan global.

Uraian tersebut dapat memberikan kesimpulan bahwa pendidikan berbasis unggulan lokal adalah

usaha sadar dan terencana dengan memberdayakan kekayaan yang dimiliki daerah setempat agar terkelola dengan baik. Pendidikan berbasis unggulan lokal juga dapat dikatakan sebagai upaya untuk memanfaatkan potensi daerah agar terkelola dengan baik melalui proses pendidikan. Proses pendidikan ini didapatkan dari sekolah formal atau kegiatan non formal yang dilakukan oleh sekelompok orang.

Kenyataannya, Indonesia mempunyai kekayaan yang beraneka ragam bahkan dalam setiap daerah dapat dikatakan Indonesia adalah daerah yang kaya. Setiap daerah di Indonesia dari Sabang sampai Merauke mempunyai kekayaan masing-masing yang beraneka ragam ssuai dengan kebudayaan setempat. Bahkan karena kayanya Indonesia akan suku dan kekayaannya maka ada pemersatu yaitu Bhineka Tunggal Ika, yang artinya bahwa walaupun berbeda-beda tetapi tetap satu jua.

 

Misalnnya di daerah Jawa Barat khususnya Cirebon

daerah tersebut kaya akan udang rebon yang akhirnya muncul produk dan kekayaan khas daerah tersebut yaitu terasi yang merupakan hasil olahan dari udang rebon tersebut oleh masyarakat setempat. Daerah lain juga mempunyai kekayaan masing-masing yang berragam, seperti misalnya daerah Kalimantan yang kaya akan batu bara dan kayu-kayu, serta rotan sebagai bahan bangunan dan bahan pembuat perabot. Contoh lainnya adalah Ternate yang terkenal dengan Bambo Batik, Manonjaya dengan sasaknya, Jepara dengan ukiran kayunya, serta Manado dengan kain kerawaang dan sejuta keunggulannya.

Sekian artikel mengenai Pengertian Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal, yang dapat kalian jadikan acuan untuk belajar.

Sumber : https://penzu.com/public/dffb634b?fbclid