Pengertian Arthropoda

Pengertian Arthropoda

Pengertian Arthropoda

Pengertian Arthropoda

Arthropoda (arthros = ruas, podos = kaki) adalah

hewan yang memiliki kaki berbuku-buku. Filum Arthropoda memiliki jumlah species paling besar yaitu sekitar 75% dari seluruh hewan yang ada didunia atau 3 dari 4 hewan adalah arthropoda. Arthrophoda memiliki rangka luar (eksoskeleton) yang berupa kutikula yang terdiri dari protokutikula yang tebal dan terdapat bagian dalam, serta epikutikula yang tipis dan terdapat di bagian luar.


Arthropoda memiliki beberapa karakteristik yang membedakan dengan filum yang lain yaitu : Tubuh bersegmen; segmen biasanya bersatu menjadi dua atau tiga daerah yang jelas.

Jika hewan-hewan tersebut dipegang tubuhnya agak keras, karena permukaannya ditutupi oleh rangka luar (eksoskeleton) yang terdiri dari zat kitin. Tubuh da­pat dibedakan atas kepala, dada, dan perut. Pada udang dan kepiting, kepala dan dada menjadi satu sehinga dise­but kepala-dada (cephalothorax). Pada lipan dada tidak dijumpai, tubuh hanya terdiri atas kepala dan perut. Tubuh Arthropoda adalah simetris bilateral, maksudnya jika tubuh­nya dibagi dua bagian, maka diperoleh dua bagian yang sama, balk bentuk maupun bagian-bagian yang dimiliki.


Seluruh anggota Arthropoda mempunyai kaki de­ngan jumlah yang berbeda. Jumlah kaki pada belalang dan kumbang terdiri atas tiga pasang,labah-labah empat pasang, sedangkan lipan dan udang mempunyai kaki hampir pada semua ruas tubuhnya.


Sebagian dari Arthropoda mempunyai sayap sehingga hewan ini dapat terbang, mi­salnya: belalang dan kumbang. Biasanya jumlah sayap dua pasang. Pada kepala dijum­pai dua macam mata, yaitu mata yang kecil disebut mata tunggal (ocelus) dan mata yang besar disebut mata majemuk (mata facet). Alat peraba dan pengecap berbentuk antena.


Ukuran dan bentuk tubuh:

  • Ukuran tubuh bervariasi dari yang berukuran kecil (dalam mm) sampai yang berukuran besar (dalam meter)
  • Bentuk tubuh beruas-ruas dan tubuh dibedakan atas daerah kepala (caput), dada (thoraks) dan perut (abdomen).

Baca Juga :