PENGARUH REVOLUSI PERANCIS TERHADAP INDONESIA

PENGARUH REVOLUSI PERANCIS TERHADAP INDONESIA

PENGARUH REVOLUSI PERANCIS TERHADAP INDONESIA

PENGARUH REVOLUSI PERANCIS TERHADAP INDONESIA

Beberapa pemikiran yang muncul dari revolusi ini adalah sebagai berikut:

• PAHAM NASIONALISME

Menyebarnya pemahaman Nasionalisme yang berasal dari revolusi Perancis tidak hanya populer di Eropa, namun juga mencapai daratan Asia-Afrika termasuk Indonesia. Salah satu bukti nyata adalah lahirnya organisasi Budi Oetomo yang memiliki paham nasionalisme pada 20 Mei 1908 dan memicu kemunculan berbagai pergerakan nasional.

• PAHAM DEMOKRASI

Meski paham demokrasi tidak secara langsung masuk ke Indonesia dari revolusi Perancis, adanya paham demokrasi di Indonesia itu sendiri menjadi bukti bahwa revolusi Perancis berhasil menyebarkan paham ini ke berbagai belahan dunia. Kemunculan paham ini dapat dilihat saat pemerintahan Hindia Belanda memberlakukan wajib militer pada bumi putera untuk memperkuat keamanan pada tahun 1916.

Budi Oetomo kemudian mengirimkan perwakilannya yang bernama Dwidjosewoyo untuk berunding dan bernegosiasi dengan pemerintah Hindia Belanda. Hasilnya kemudian pemerintah Hindia Belanda membatalkan wajib militer dan pada 16 Desember 1916 membentuk dan mengesahkan pendirian Volksraad atau Dewan Perwakilan Rakyat Hindia Belanda.

Selain munculnya Dewan Perwakilan Rakyat Hidia Belanda, bukti lain munculnya demokrasi di Indonesia saat perjuangan kemerdekaan adalah adanya tuntutan Indonesia berparlemen. Berdasarkan pemahaman demokrasi ini kemudian muncul partai-partai politik di Indonesia seperti GAPI (Gabungan Politik Indonesia) sebagai wadah masyarakat Indonesia melakukan praktik demokrasi. Praktik demokrasi ini sangat diperlukan saat itu dimana paham fasisme selama perang dunia II sangat meresahkan dunia

• PERSATUAN

Revolusi Perancis dapat terjadi karena adanya rasa persatuan dari masyarakat perancis. Hal ini menginspirasi rakyat Indonesia untuk saling memiliki rasa persatuan dalam meraih kemerdekaan. Bukti nyata rasa persatuan ini adalah adanya sumpah pemuda dimana para pemuda Indonesia saling mengikat satu sama lain dalam satu tanah air, satu bangsa dan satu bahasa.


Baca Juga :