Penentuan Lokasi Suatu Perusahaan yang Tepat Akan Menentukan

Penentuan Lokasi Suatu Perusahaan yang Tepat Akan Menentukan

Penentuan Lokasi Suatu Perusahaan yang Tepat Akan Menentukan

            Di dalam dunia berwirausaha banyak faktor yang bisa menentukan berhasil atau tidaknnya , lancar tidaknya usaha tersebut. Didalam dunia marketing dikenal dengan istilah 4P, yaitu produk,price place and promotion. Dari keempat faktor tersebut harus dilakukan analisis dengan cermat dan tepat, agar kedepannya usaha yang dijalankan bisa tumbuh dan berkembang dan sesuau dengan apa yang di harapkan.

Lokasi mendirikan usaha baik itu lokasi pabrik ataupun lokasi tempat berjualan memerlukan analisa yang cermat, karena itu secara langsung akan menentukan kelangsungan dari jalannya perusahaan dan akan berimbas langsung ke besar-kecilnya laba perusahaan. Disebut berimbas langsung terhadap besar-kecilnya laba karena lokasi yang tepat akan menekan biaya yang dikeluarkan dan juga sebaliknya.

Pilihan-pilihan yang ada dalam lokasi meliputi:

  1. Tidak pindah, tetapi meluaskan fasilitas yang ada.
  2. Mempertahankan lokasi sekarang, selagi menambah fasilitas lain dii tempat lain.
  3. Menutup fasilitas yang ada dan pindah ke lokasi lain.

Sering terdapat perbedaan dalam pemilihan lokasi.Hal ini disebabkan oleh adanya perbedaan kebutuhan masing-masing perusahaan.Lokasi yang baik adalah persoalan yang individual.Hal ini sering disebut pendekatan “situasional” atau “contingenty” untuk pembuatan keputusan.

Dengan adanya penentuan lokasi suatu perusahaan atau pabrik yang tepat atau baik akan menentukan :

  1. kemampuan melayani konsumen dengan memuaskan.
  2. mendapatkan bahan-bahan mentah yang cukup dan kontinu dengan harga yang layak atau memuaskan.
  3. mendapatkan tenaga buruh yang cukup.
  4. memungkinkan diadakannya perluasan pabrik di kemudian hari.

masalah-masalah yang mungkin timbul di kemudian hari disebabkan :

  1. karena berubahnya adat kebiasaan masyarakat.
  2. dengan berpindahnya pusat-pusat penduduk dan perdagangan.
  3. adanya jaringan komunikasi dan pengangkutan yang lebih baik.

2.4Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pemilihan Lokasi

Pemilihan lokasi perusahaan membutuhkan pertimbangan yang hati-hati.Di saat manajemen telah memutuskan untuk beroperasi di satu lokasi tertentu, banyak biaya menjadi tetap dan sulit untuk dikurangi.Keputusan lokasi sering bergantung pada tipe bisnis.Untuk keputusan lokasi industry, strategi yang digunakan biasanya adalah strategi untuk meminmalkan biaya, sedang untuk bisnis ecean dan jasa professional, strategi yang digunakan terfokus pada memaksimalkan pendapatan.Walaupun demikian, strategi pemilihan gudang ditentukan oleh kombinasi antara biaya dan kecepatan pengiriman.Secara umum, tujuan penentuan lokasi industri adalah memperbesar keuntungan dan menekan biaya industry. Ada dua faktor yang mempengaruhi lokasi industi:

Sumber :

https://cipaganti.co.id/asosiasi-industri-kreatif-gandeng-perusahaan-game-thailand/