Pembagian Jenis Hadats

Pembagian Jenis Hadats

Hadats terbagi menjadi dua yaitu:

  1. Hadats Kecil (Shughra)

Hadats yang mengakibatkan seseorang harus berwudhu atau bertayamum untuk menghilangkannya. Adapun hadats shughra disebabkan oleh beberapa hal, yaitu:

  1. Buang air (baik dari dubur maupun qubul)
    2. Buang angin
    3. Hilang akal sepert tidur, pingsan, ataupun gila.
    4. Menyentuh wanita yang bukan mahram dengan sengaja tanpa ada penghalang.
    5. Tersentuh kemaluan (qubul dan dubur) dengan telapak tangan atau jari-jarinya yang tidak memakai tutup (baik miliknya sendiri ataupun orang lain)

Hadats Besar (Kubra)

Yaitu, hadats yang mengakibatkan seseorang harus mandi untuk menghilangkannya. Adapun yang menyebabkan seseorang harus mandi adalah:

1.Berhubungan kelamin (bersetubuh) walaupun tidak sampai keluar mani (sperma).
2.Mengeluarkan mani (sperma) baik sengaja  ataupun tidak.
3.Wanita yang selesai haid.
4.Wanita yang baru melahirkan dan selesai masa nifasnya.
5.Seseorang yang baru masuk Islam.

Dengan demikian, thaharah merupakan suatu hal yang sangat istimewa dan yang membedakan seorang mukmin dari kafir. Oleh karena itu, hendaknya kita semua selalu menjaga kebersihan dan kesucian diri, pakaian, dan tempat kita, sebagai awal kita mensucikan hati kita.

 Kesimpulan

Berdasarkan pembahasan tersebut, dapat disimpulkan bahwa :

  1. Pengertian Thaharah secara bahasa adalah bersuci, sedangkan pengertian secara istilah, thaharah adalah mengangkat hadats dan menghilangkan najis, atau bersih dan suci dari najis, baik najis faktual, semisal tinja, maupun najis secara hukmi, yaitu hadats.
  2. Istinja’, Wudlu, mandi, dan tayammum merupakan cara – cara thaharah yang masing-masing memiliki ketentuan dan tata cara masing-masing.Wudhu adalah bersuci dengan menggunakan air terhadap anggota tubuh tertentu, Mandi di definisikan sebagai membasuh seluruh tubuh dengan air, sedangkan tayammum adalah mensucikan diri, tanpa menggunakan air, namun menggunakan pasir atau debu.

Baca juga: