Pasar Persaingan Tidak Sempurna

Pasar Persaingan Tidak Sempurna

Pasar Persaingan Tidak Sempurna

Pasar Persaingan Tidak Sempurna

Bentuk pasar persaingan tidak sempurna adalah sebagai berikut:


  • Pasar Monopoli

Monopoli adalah suatu bentuk interaksi antara pemerintah dan penawaran yang ditandai oleh hanya ada satu penjual/produsen di pasar berhadapan dengan permintaan aeluruh pembeli/konsumen.


Sebab-sebab tumbuhnya monopoli adalah sebagai berikut.

  1. Adanya perlindungan oleh pemerintah untuk berusaha secara tunggal
  2. Pemberian lisensi oleh pemerintah untuk berusaha secara tunggal
  3. Memiliki modal yang sangat besar sehingga tidak dapat disaingi oleh perusahaan lainnya
  4. Menguasai bahan mentah yang cukup strategis
  5. Produk diperoleh secara alamiah karena sangat digemari konsumen
  6. Pasar tidak luas karena hanya satu penjual yang dapat melayani konsumen secara optimal.

Ciri-ciri pasar monopoli adalah sebagai berikut.

  1. Hanya ada satu penjual dan banyak pembeli
  2. Tidak ada perusahaan yang dapat membuat barang substitusi yang sempurna
  3. Rintangan cukup kuat untuk masuk ke pasar monopoli, baik dari segi penguasaan sunber daya alam, biaya produksi yang tidak efesiensi hingga peraturan dari pemerintah.
  4. Pembeli tidak ada pilihan lain dalam membeli barang
  5. Keuntungan hanya terpusat pada satu perusahaan

Kelebihan pasar monopoli adala sebagai berikut.

  1. Keuntungan penjual cukup tinggi
  2. Untuk produk yang menguasai hajat hidup orang biasa

Kelemahan pasar monopoli adalah sebagai berikut.

  1. Pembeli tidak ada pilihan lain untuk membeli barang
  2. Keuntungan hanya terpusat pada satu perusahaan
  3. Terjadi ekploitasi pembeli

  • Pasar Oligopoli

Pasar oligipoli adalah suatu bentuk interakasi petmintaan dengan penawaran dimana terdapat beberapa penjual/pembeli yang menguasai seluruh permintaan pasar.


Ciri-ciri pasar oligopoli

  1. Terdapat beberapa penjual / produsen yang menguasai pasar.
  2. Barang yangdiperjualbelikan dapat homogen dapat pula berbeda corak (differenteated product)
  3. Terdapat halangan masuk yang cukup kuat bagi perusahaan di luar pasar untuk masuk ke dalam pasar.
  4. Satu diantara oligopoli merupakan market leader, yaitu penjual yang memiliki pangsa pasar yang terbesar

Oligopoli terdiri dari dua macam, yaitu sebagai berikut.

  1. Oligopoli murni (pure oligopoli) yang ditandai beberapa perusahaan menjual produk homogen.
  2. Oligopoli dengan pembedaan (differenteated product) yang ditandai beberapa perusahaan menjual produk yang dapat dibedakan.

Dampak negatif oligipoli terhadap perekonomian adalah sebagai berikut.

  1. Keuntungan yang terlalu besar bagi produsen dalam jangka panjang
  2. Timbuk inefisiensi produksi
  3. Ekploitasi terhadap konsumen dan karyawan perusahaan
  4. Harga tinggi yang relatif stabil (sulit turun) mennunjang munculnya inflasi yang kronis.

Kebijakan dalam megatasi oligopoli adalah sebagai berikut.

  1. Pemerintah mempermudah masuknya perusahaan baru ke dalam pasar untnuk menciptakan persaingan.
  2. Diberlakukannya undang-undang anti kerja sama antar produsen

  • Pasar Persaingan Monopolistik

Pasar Persaingan Monopolistik adalah suatu bentuk interaksi antara permintaan dan penawaran yang di dalamnya terdapat sejumlah penjual / produsen yang menawarkan barang yang sama tetapi masing-masing memiliki ciri-ciri yang khusus.


Ciri-ciri Pasar Persaingan Monopolistik adalah sebagai berikut.

  1. Terdapat banyak penjual/produsen di pasar
  2. Barang yang diperjualbelikan merupakan differentiated product.
  3. Para penjual memiliki kekuatan monopolis atas barang produksinya sendiri.
  4. Untuk memenangkan persaingan, setiap penjual / produsen aktif melakukan promosi iklan
  5. Keluar masuk pasar relatif mudah dibandingkan dengan pasar oligopoli
  6. Jumlah perusahaan sangat kecil dibanding dengan output total

Kelebihan pasar persaingan monopolistik adalah sebagai berikut.

  1. Penjual tidak sebanyak pasar persaingan sempurna
  2. Produsen terpacu untuk berkreativitas
  3. Pembeli tidak mudah berpindah dari produk yang dipakai

Kelemahan pasar persaingan monopolistik adalah sebagai berikut.

  1. Biaya mahal untuk ke pasar monopolistik karena masuk pangsa pasar tertentu dibutuhkan riset dan pengembangan produk
  2. Persaingan sangat berat karena pasar biasanya didominasi oleh produk-produk yang telah ternama.

  • Pasar Monopsoni

Pasar monopsoni adalah suatu bentuk pasar yang dikuasai oleh suatu orang/badan/lembaga pembeli dengan penawaran dari sejumlah penjual/produsen.


  • Pasar Oligopsoni

Pasar oligopsoni adalah suatu bentuk pasar yang dikuasai oleh lebih dari dua orang pembeli dengan penawaran dari sejumlahpenjual/produsen.


Sumber: https://apotekpurwosarifarma.co.id/traffic-racer-planet-apk/