Pagelaran Wayang Golek Gubernur Saba Lembur

Pagelaran Wayang Golek Gubernur Saba Lembur

Pagelaran Wayang Golek Gubernur Saba Lembur

 

Pagelaran Wayang Golek Gubernur Saba Lembur

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Bogor bekerjasama dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jawa Barat menggelar Pagelaran Wayang Golek “Gubernur Saba Lembur” Rampak 6 Dalang Pepadi Kota Bogor di halaman Hotel Mirah, jalan Pangrango, Kota Bogor, Sabtu (16/12/2017) malam.

Wali Kota Bogor Bima Arya

Dalam sambutannya Wali Kota Bogor Bima Arya menuturkan,  pagelaran wayang golek sangat penting dikenalkan apalagi ditampilkan di hotel, karena jarang sekali pagelaran wayang golek ditampilkan di kota dibandingkan di kampung-kampung. “Kami tentunya mendorong kegiatan seperti ini, mungkin anak zaman now agak harus dipaksa untuk dikenalkan wayang golek,” kata Bima yang hadir didampingi Kepala Disparbud Kota Bogor Shahlan Rasyidi.

Disparbud Jawa Barat

Ia berharap semoga warga puas menyaksikannya dan terima kasih kepada Disparbud Jawa Barat atas kerjasamanya, pihaknya siap untuk mendorong dan melestarikan kebudayaan sunda, terutama wayang golek.  “Saya sebenarnya bercita-cita menjadi dalang, saya punya banyak buku tentang mahabarata,  bharatayudha, dan tokoh-tokoh wayang lainnya,” ujar Bima.

Dia mengaku merasa senang karena pihak hotel juga mendukung kegiatan ini, artinya semuanya saling bersinergi untuk membuktikan rasa Bogoh ka Bogor. “Tadi pagi juga kita baru meresmikan taman Bogoh ka Bogor. Sejak tahun 2016 kota Bogor dinobatkan sebagai kota yang paling dicintai (The Most Loveable City),” katanya.

Sementara itu

Kepala Disbudpar Jawa Barat Ida Hernida menerangkan, alasan pagelaran wayang golek ini diselanggarakan di Bogor karena keinginan langsung dari Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan yang ingin hadir. “Tapi karena beliau sedang sakit jadi berhalangan hadir, beliau menitipkan salam semoga ketidakhadirannya tidak mengurangi rasa kegembiraan warga,” terangnya.

Selain itu,  tujuan pagelaran wayang golek ini untuk mensosialisasikannya agar lebih dikenal warga dan generasi muda. “Kami siap untuk bekerjasama agar wayang golek semakin dicintai oleh seluruh rakyat Indonesia,” tuturnya.

Bahkan kata dia

Ada negara lain yang ingin dikirimkan seperangkat wayang golek dan dalangnya untuk tampil disana. “Dalang dari Kota Bogor pun harus siap jika dikirim kesana, hal ini sebagai salah satu upaya untuk terus melestarikannya,” katanya.

 

Sumber : https://sel.co.id/