Nutrisi Untuk Pasien PPOK

 nutrisi untuk pasien dengan PPOK

Makanan memberi Anda energi dan makanan untuk melakukan aktivitas sehari-hari dan salah satu dari mereka bernafas. Ketika Anda menderita PPOK, Anda membutuhkan lebih banyak energi untuk bernafas daripada seseorang tanpa PPOK. Otot yang membantu Anda bernapas dapat mengambil 10 kali lebih banyak kalori daripada orang pada umumnya.

Berikut beberapa hal yang harus Anda lakukan tentang nutrisi PPOK:


1. Tambahkan protein ke dalam diet

Protein sangat penting untuk melindungi tubuh dari infeksi dengan memproduksi antibodi. Ketika Anda tidak mengonsumsi cukup protein, paru-paru Anda tidak dapat melindungi diri dari infeksi. Sumber protein terbaik adalah daging, ikan, telur, unggas, kacang-kacangan dan produk susu.

2. Jaga berat badan yang sehat

Anda harus berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi tentang tujuan berat badan yang tepat dan jumlah kalori yang tepat untuk Anda. Ketika Anda kelebihan berat badan, paru-paru Anda perlu bekerja lebih keras untuk memenuhi kebutuhan oksigen tubuh. Merencanakan diet yang tepat, disertai dengan olahraga teratur, dapat membantu Anda mencapai sasaran berat badan yang sehat.


3. Minum banyak cairan

Anda harus menargetkan setidaknya 6-8 ons sehari. Dengan minum lebih banyak cairan, Anda bisa membuat lendir yang luntur dan mudah untuk batuk. Anda harus memilih cairan tanpa kafein dan non-karbonasi. Air tetap yang terbaik!


4. Makan porsi kecil lebih sering

Ini akan membantu mencegah pembesaran perut, sehingga tekanan pada paru-paru berkurang dan mudah untuk bernafas. Tanda untuk mengetahui bahwa perut memengaruhi pernapasan adalah jika ada kesulitan bernafas saat makan atau segera setelah makan.


5. Bersihkan saluran udara setidaknya 1 jam sebelum makan
Ini akan membantu Anda bernapas lebih mudah saat makan.


6. Makan perlahan sambil duduk tegak
Ini akan membantu Anda mencerna makanan dan bernapas lebih mudah saat makan.

Baca Juga: