Nutrisi daun kemangi

Daun kemangi banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia sebagai menu kebutuhan sayuran. Seperti namanya, daun kemangi lebih berbau ketika diatur berdampingan dengan sayuran lainnya. Daunnya kecil dan hampir seperti seledri, tetapi karena rasanya pahit mereka tidak terlalu menyukai daun kemangi.

Nutrisi daun kemangi

Manfaat daun kemangi Anggota keluarga daun mint digunakan sebagai tanaman obat. Ekstrak minyak daun kemangi dikatakan memiliki aktivitas antioksidan dan antibakteri. Vitamin K – basil segar beraroma menyediakan jumlah pembekuan darah yang sehat dengan adanya vitamin K. Setiap 2 sendok makan basil segar, 27% dari vitamin K yang direkomendasikan, serta vitamin A, mangan, dan magnesium ditawarkan.

Vitamin K juga terkandung dalam sayuran subur seperti bayam, kol, kembang kol dan lunas. Jika Anda minum obat untuk mencairkan darah seperti warfarin yang terkait dengan jumlah vitamin K, konsultasikan dengan dokter Anda.
Keuntungan kandungan basil untuk nutrisi per 2 sdm (5 g)

Kalori 1.2 (5.0 kj)

Karbohidrat 0,5 (2,1 kj)
Lemak 0,3 (1,3 kj)
Protein 0,4 (1,7 kj)

Catatan: KJ (kilojoule)

Protein 0,2 g (0%)

Tryptophan 2,0 mg
Threonine 5,5 mg
Isoleusin 5,5 mg
Leusin 10,0 mg
Lisin 5,8 mg
Metionin 1,9 mg
Sistin 1,5 mg
Fenilalanin 6,8 mg
Tirosin 4,0 mg
Valine 6,7 mg
Arginin 6,1 mg
Histidin 2,7 mg
Alanin 6,9 mg
Asam aspartat 15,8 mg
Asam glutamat 14,5 mg
Glisin 6,4 mg
Prolin 5,5 mg
Serine 5,2 mg

vitamin

Vitamin A 277 IU 6%
Aktivitas retinol 13,9 mcg
Beta karoten 165 mcg
Beta cryptoxanthin 2,4 mcg
Lutein + zeaxanthin 297 mcg
Vitamin C 0,9 ​​mg (2%)
Vitamin K 21,8 mcg (27%)
Asam folat 3,6 mcg (1)
Serat asam folat 3,6 mcg
Kolin 0,6 mg

mineral

Kalsium 9,3 mg (1%)
0,2 mg Besi (1%)
Magnesium 3,4 mg (1%)
Fosfor 2,9 mg (0%)
Potasium 15,5 mg (0%)
Sodium 0,2 mg (0%)
Seng 0,0 mg (0%)
0,0 mg Tembaga (1%)
Mangan 0,1 mg (3%)

Karbohidrat 0,1 g (0%)

Serat makanan 0,1 g (0%)

Manfaat daun kemangi untuk kesehatan

Sebenarnya mengkonsumsi daun kemangi menawarkan banyak manfaat termasuk dalam nutrisi seperti:

Daun kemangi mengandung banyak flavonoid polifenolik seperti orientin dan visenin. Senyawa ini diuji di laboratorium in vitro untuk kemungkinan perlindungan antioksidan terhadap radioksidasi lipid dalam hati tikus.
Daun kemangi memiliki beberapa manfaat kesehatan seperti minyak esensial seperti eugenol, citronellol, linalool, citral, limonene, terpineol. Senyawa ini diketahui memiliki aksi antiinflamasi dan antibakteri.

Daun ini adalah bagian dari tanaman dengan kalori yang sangat rendah dan tanpa kolesterol, tetapi sangat kaya akan banyak nutrisi penting, mineral dan vitamin yang diperlukan untuk kesehatan optimal.
Herbal daun kemangi mengandung zat-zat penting yang sangat tinggi seperti beta karoten, vitamin A, cryptoxanthin, lutein dan zeaxanthin. Senyawa ini membantu melindungi tubuh dari radikal bebas yang berasal dari oksigen dan spesies oksigen reaktif (ROS) yang berperan dalam penuaan dan proses berbagai penyakit.

Zeaxanthin adalah senyawa karotenoid

flavonoid kuning yang secara selektif diserap dalam korpus luteum macula yang diketahui menyaring sinar ultraviolet berbahaya ke retina. Studi telah menunjukkan bahwa herbal yang mendapatkan manfaat dari antioksidan kaya sayuran dan buah-buahan zeaxanthin membantu melindungi terhadap penyakit terkait usia makula (AMRD), terutama pada orang tua.

Keuntungan 100 g daun kemangi segar mengandung 5.275 mg atau sekitar 175% dari dosis harian dalam vitamin A. Ini juga diperlukan untuk menjaga mukosa dan kulit yang sehat. Asupan makanan alami yang kaya vitamin A membantu tubuh melindungi terhadap kanker paru-paru dan kanker mulut.

Bahan daun kemangi banyak mengandung mineral seperti kalium, mangan, tembaga, dan magnesium. Kalium adalah komponen penting dari sel dan cairan tubuh dan berguna untuk mengendalikan detak jantung dan tekanan darah. Mangan digunakan dalam tubuh sebagai enzim antioksidan, kofaktor superoksida dismutase.

Daun kemangi adalah sumber zat besi yang sangat baik, sekitar 3,17 mg / 100 g daun mentah (sekitar 26% dari AKG). Zat besi, yang merupakan komponen hemoglobin dalam eritrosit, menentukan daya dukung oksigen dalam darah.

Vitamin K dalam kemangi sangat penting bagi banyak faktor dalam darah dan memainkan peran penting dalam fungsi tulang termasuk memperkuat tulang dengan membantu proses mineralisasi tulang.

baca juga :