Mobil RWD Memiliki Stir Lebih Ringan

mobil RWD dibandingkan dengan mobil FWD.

Kemampuannya untuk mengangkut muatan yang dapat diandalkan mendorong jalan yang menanjak dan jalanan yang bergelombang, membuat mobil dengan penggerak roda belakang (RWD) banyak pilihan bagi masyarakat, terutama mereka yang sering melakukan perjalanan, melakukan perjalanan jarak jauh dengan kontur yang berbeda.

Inilah mengapa PT Toyota-Astra Motor (TAM) memiliki kendaraan multi-guna kinerja rendah (MPV) seperti Toyota Avanza, menggunakan penggerak roda belakang sebagai pengganti roda depan.
Tubuhnya, yang memiliki ground clearance tinggi, 200 mm, membuat MPV seperti Avanza mudah bermanuver di jalan-jalan rusak yang telah menjadi ciri khas jalanan di Indonesia, terutama di luar kota atau pedesaan.

Karena dorongan berada di belakang

kendaraan dengan sistem kemudi RWD memerlukan sistem pengereman yang andal dibandingkan dengan FWD (mobil penggerak roda depan),” kata Fransiscus Soerjopranoto, direktur eksekutif PT Toyota Astra Motor.
Soerjo menjelaskan bahwa sistem pengereman yang dapat diandalkan diperlukan untuk mobil RWD dibandingkan dengan mobil FWD.

Ini karena daya tarikan atau gesekan antara ban dan aspal pada mobil tipe RWD seperti Toyota Avanza lebih atau kurang menggigit.

sistem kontrol traksi seperti yang Avanza.

Soerjo ingat bahwa pengguna kendaraan RWD masih perlu meningkatkan kesiapan mereka saat berkendara, terutama ketika mereka melintasi jalan licin atau hujan dengan kecepatan tinggi.
Jadi, benarkah mobil dengan penggerak roda belakang lebih mudah dikendalikan dan tidak membuatnya mudah lelah karena setirnya ringan?
Soerjo menjelaskan, tidak seperti kendaraan dengan penggerak roda depan (FWD), yang merupakan dukungan untuk kendaraan derek yang terletak di roda depan, pada kendaraan dengan sistem penggerak roda belakang hal ini tidak terjadi.

Pada mobil RWD seperti Toyota Avanza, roda depan hanya berfungsi untuk menyesuaikan arah kecepatan kendaraan.
Ini membuat sistem mekanisasi, kemudi dan sistem suspensi depan di mobil RWD menjadi lebih tahan. stir ringan juga membuat supir nyaman apalagi dalam perjalanan jarak jauh

demikianlah pembahasan tentang stir ringan pada mobil FWD, smoga bermanfaat

Sumber : https://www.rentalmobillampung.co.id/