MEMBUAT PERSEMAIAN PADI UNTUK PENANAMAN DENGAN RICE TRANSPLANTER

MEMBUAT PERSEMAIAN PADI UNTUK PENANAMAN DENGAN RICE TRANSPLANTER

MEMBUAT PERSEMAIAN PADI UNTUK PENANAMAN DENGAN RICE TRANSPLANTERMEMBUAT PERSEMAIAN PADI UNTUK PENANAMAN DENGAN RICE TRANSPLANTER

MESIN TANAM PADI ATAU RICE TRANSPLANTER

Adalah alat / mesin untuk tanam padi yang baru � baru ini masuk kenegara ini .Sebenarnya mesin tanam ini sudah sejak lama ada . sebut saja India , Thailand, Taiwan, Jepang sudah lama menggunakan alat ini.Penanaman padi dengan mesin tanam menggunakan persemaian padi yang berbeda dari yang sudah sering dilakukan para petani kita.

Gb. 1 Persemaian padi

Cara membuat persemaian untuk tanam menggunakan mesin tanam/ Rice Transplanter:

PERSIAPAN MEDIA/ TANAH.

Untuk langkah pertama yaitu persiapan media semai , gunakan tanah gembur yang halus / lembut untuk mendapatkannya, ayak tanah yang akan digunakan persemaian padi agar mendapatkan tanah halus dan yang kasar tersisih , lebih baik campur dengan bokashi agar perkembangan pertumbuhan dapat optimal.

PEMILIHAN BIBIT PADI

Pilih benih yang baik dan varietas sesuai yang diinginkan. Lakukan seleksi bibit dengan cara menggunakan air garam untuk mendapatkan bibit yang berisi dan hampa atau gabuk.larutkan garam kedalam air dengan perbandingan 10 liter air dengan 1,20 kg garam,sehingga berat jenis air menjadi 1,09.atau cara mudahnya masukan telur ayam kampung kedalam larutan air garam tadi , bila telur melayang berarti campuran air dan garam sudah sesuai untuk menyeleksi bibit padi (begitu yang kami lakukan bersama tim PPL kecamatan).Lalu masukan bibit padi kedalam air garam tadi , buang bibit padi yang melayang dan gunakan bibit yang tenggelam.

PERSEMAIAAN PADI

Ada 2 cara persemaian yaitu persemaian kering (menggunakan baki/ kotak /tray) dan persemaian basah (langsung ditanah/ dilahan).

Persemaian kering / kotak/tray

Untuk cara ini pertama siapkan tray/ kotak ukuran panjang 60 cm ,lebar 30 cm dan tinggi 2cm.Lalu isi dengan campuran tanah dan bokashi yang telah di ayak setinggi 1,5 cm, kemudian taburkan benih yang telah diseleksi sebanyak 150-200 gram per kotak/tray .lalu tutup dengan tanah halus yang telah diayak setebal 0,5 cm dan siram dengan shower yang tidak deras agarbenih dan tanah penutup tidak pindah.

Gb. 2 Persemain benih padi menggunakan kotak/ tray.

Persemaian basah/dilahan

Persemaian ini menggunakan alas dari plastic atau mulsa juga bisa syaratnya plastic/ mulsa tidak lubang /cacat.Ukuran plastic 1 meter dan panjang tergantung yang diinginkan atau panjang lahan persemaian.Mulai dengan hamparkan plastic ditanah yang rata lalu sebarkan tanah yang halus dan bercampur bokasi dipermukaan plastic dengan tebal 2cm.kemudian sebarkan benih yang telah diseleksi dengan kepadatan 0,7-0,8 kg/m2.Setelah benih tersebar , tutup permukaan persemaian dengan sekam/ batang padi tipis-tipis kemudian kocor dengan gembor dengan bagaian ujung gembor dibalik / menghadap keatas agar air yang keluar tidak deras.Kemudian tutup lagi dengan sekam untuk kedua kalinya dan kocor lagi dengan air.

Perawatan Persemaian Padi

Penyiraman dengan gembor dilakukan 2x sehari yaitu pagi dan sore atau melihat kondisi cuaca.Penutup persemaian/ sekam diambil setelah 5 hari dari penyebaran bibit, pada usia itu biasanya ,bibit sudah tumbuh 4 cm dan sudah agak kokoh. Selanjutnya pada umur mulai 10 hari benih padi sudah bisa mulai ditanam dan paling akhir pada usia 16 hari.

Gb. 3 Benih padi usia 14 hari.

Pengambilan Bibit dengan cara dipotong lalu digulung untuk ukuran disesuaikan dengan tempat benih di mesin.Untuk persemaian yang memakai model kering atau kotak tray, bibit padi digulung langsung dibawa kesawah untuk ditanam dengan mesin tanam atau Rice Transplanter.

 

Sumber: https://fgth.uk/blackberry-mobile-bakal-hadirkan-kejutan-di-ifa/