manfaat brokoli untuk kesehatan

manfaat brokoli untuk kesehatan –  Brokoli adalahsanggota dari family sayuran cruciferous, yang masih bersangkutan dengan kubis yang kini kita kenal. Brokoli tergolong dalam spesies brassica oleracea, yang serupa cauliflower. Brokoli tumbuh di tidak sedikit bagian dunia, tergolong Asia, Amerika Utara dan Eropa.

Selama sejumlah dekade terakhir ini, konsumsi brokoli sudah menjadi tren yang paling nyata, sebab semakin tidak sedikit orang yang menemukan guna gizi laten dari sayuran ini. Brokoli ialah satu sayuran yang sangat bermanfaat untuk kesehatan sebab berisi gizi yang lengkap, laksana serat, vitamin A, B, C, K, dan minreal zat besi yang sangat dibutuhkan untuk mengawal kebugaran tubuh kita. Berikut sejumlah manfaat brokoli untuk kesehatan.

1. Membantu meminimalisir kolesterol.
Brokoli dapat menolong menurunkan kadar kolesterol sebab serat larut dalam sayuran brokoli ini mempunyai sifat mengikat kolesterol dalam darah. Pengikatan ini menciptakan kolesterol lebih gampang dikeluarkan.

2. Sangat baik guna kesehatan mata kita.
Kamu barangkali pernah mendengar bahwa wortel baik guna mata, dan tersebut karena wortel tidak sedikit berisi lutein. Tetapi anda salah, brokoli juga tidak sedikit berisi karotenoid anti-oksidan, lutein dan zeaxanthin. Penelitian telah mengindikasikan bahwa kadar tinggi lutein dapat menangkal degenerasi mata berhubungan usia laksana makula dan katarak.

3. Meningkatkan daya tahan tubuh.
“Brokoli berisi kadar tinggi vitamin C, yang dapat menambah sistem kekebalan tubuh dan menolong melawan infeksi,” kata Elizabth Somer, RD, penulis kitab ‘Eat Your Way to Happines’. Brokoli berisi senyawa unik mempunyai nama glucoraphanin, yang diolah menjadi antibiotik dalam tubuh. Di samping itu, brokoli terdiri dari fitonutrien dan fitokimia, tergolong sulforaphane, yang menolong mengeluarkan racun dari dalam tubuh dan memperkuat ketahanan jasmani terhadap flu, serta menghambat perkembangan bakteri riskan yang dapat mengakibatkan penyakit, mingkatkan keterampilan sel darah putih guna menghancurkan benda sing yang masuk ke dalam tubuh.

4. Membantu menangkal kanker.
Para ilmuwan mengaku bahwa brokoli benar-benar dapat mendetoksifikasi tubuh dan dikenal mempunyai sifar pencegahan terhadap kanker payudara, kandung kemih, usus besar, dan kanker ovarium sebab kandungan indole dan isothiocyanate, fitokimia dalam brokoli. Zat kimia ini menambah enzim detoksifikasi dan beraksi sebagai antioksidan, meminimalisir stres oksidatif. Brokoli pun dapat memepengaruhi kadar estrogen yang dapat menolong mengurangi risiko kanker.

5. Mengontrol desakan darah.
Brokoli dapat menolong menjaga desakan darah dalam kisaran normal melalui sejumlah mekanisme, seperti menolong mengurangi kolesterol, mengawal pembuluh darah tetap dalam situasi prima. Brokoli bisa menyeimbangkan efek natrium pada desakan darah. Di samping itu, kandungan potasiumnya dapat menstabilkan desakan darah. Kehadiran kalium dalam brokoli menolong pelebaran pembuluh darah, menolong aliran darah dan meminimalisir ketegangan darah, serta mengawal sistem saraf dan faedah otak yang sehat.

6. Mencegah penyakit jantung.

Selain meminimalisir kolesterol, brokoli dapat menolong kesehatan jantung dengan menolong menjaga pembuluh darah tetap kuat. Sulforaphane dalam brokoli pun adalahanti-inflamasi yang dapat menangkal atau membalikkan kehancuran pada lapisan pembuluh darah yang diakibatkan masalah gula darah kronis.

Vitamin B komplek dari sayuran brokoli dapat menolong mengatur atau meminimalisir homocysteine yang berlebihan, menurut keterangan dari Harvard University School of Public Helath, keunggulan homocystein dapat mengakibatkan risiko penyakit arteri koroner. Para peneliti di Institue fo Food Research di Norwich, Inggris, menyilangkan dua jenis brokoli yang bertolak belakang untuk mengembangkan brokoli super yang berisi glucoraphin sampai 2 hingga 3 kali jumlah normal. Nutrisi tersebut dipercayai dapat menolong mencegah penyakit jantung.

Baca juga: