Macam-Macam Kelebihan Push Up

push up

Ada berbagai manfaat push-up yang dapat diperoleh untuk kebugaran. Manfaat push-up, selain latihan kekuatan, juga dapat membantu Anda mengurangi berat badan, meningkatkan keseimbangan tubuh dan membuat jantung Anda lebih sehat.

Push-up adalah jenis latihan yang dapat dilakukan di rumah tanpa membutuhkan peralatan pendukung yang mahal. Push-up termasuk latihan ketahanan isometrik, yang merupakan gerakan yang dilakukan menggunakan benda-benda tak bergerak untuk memicu kontraksi otot tubuh. Gerakan ini dapat melatih kekuatan dan ketahanan tubuh.

Berbagai kelebihan push-up

Ada berbagai manfaat push-up yang dapat diperoleh jika dilakukan secara teratur, termasuk:

Menjaga kesehatan otot dan tulang

Pemeliharaan otot dan tulang yang sehat terjadi sejak pubertas, karena setelah periode ini setiap tahun setidaknya 3 hingga 5% otot dan kekuatan tulang hilang. Jadi Anda harus melakukan latihan latihan kekuatan, seperti push-up yang berfokus pada otot dan tulang di dada dan lengan.

 Mencegah dan mengobati sarcopenia

Sarcopenia adalah suatu kondisi di mana massa otot menurun karena penuaan otot. Salah satu penyebab sarcopenia adalah kurangnya aktivitas. Latihan yang dapat meningkatkan kekuatan, seperti push-up, dapat memicu pelatihan massa otot.

 Membentuk otot-otot tubuh bagian atas

Gerakan push-up menggunakan lebih banyak otot di tubuh bagian atas, yaitu trisep (otot luar lengan atas) dan dada. Meskipun Anda berkonsentrasi hanya pada tubuh bagian atas, push-up juga dapat memperkuat bagian tubuh yang lain. Karena ketika Anda melakukan dorongan yang baik, otot-otot lain, termasuk otot-otot perut, punggung dan kaki, akan aktif.

   Kencangkan anggota badan

Melakukan push up 12-15 kali sehari dan didukung oleh gerakan lain dapat membantu mengencangkan dan membentuk lengan, perut, pantat dan kaki.
Cara melakukan push-up yang tepat

Untuk mendapatkan hasil terbaik, jelas Anda perlu melakukan push-up yang tepat. Jangan membuat kesalahan dengan mengangkat tubuh bagian atas menggunakan otot perut, pantat atau tubuh bagian bawah sebagai penggerak utama. Gerakan yang benar adalah mengaktifkan otot-otot lengan dan dada.

Dalam posisi rendah, jangan biarkan dada Anda menyentuh lantai. Jauhkan setidaknya 5 cm dari lantai. Dan selama gerakan push-up, pertahankan tubuh dalam garis lurus, mulai dari kepala, punggung, pantat, hingga kaki.
Salah satu cara untuk mendapatkan berat badan yang sehat, bugar dan ideal adalah dengan membungkuk secara teratur. Singkirkan rasa malas dan berbagai alasan, mulailah berpikir tentang semua manfaat push-up yang bisa Anda dapatkan.