Kekurangan dan Kelebihan Metode Pendidikan Islam

Kekurangan dan Kelebihan Metode Pendidikan Islam

  1. Keunggulan metode ceramah adalah:
  2. Penggunaan waktu yang efesien dan pesan yang disampaikan dapat sebanyak-banyaknya.
  3. Pengorganisasian kelas lebih sederhana, dan tidak diperlukan pengelompokan siswa secara khusus.
  4. Dapat memberikan motivasi dan dorongan terhadap siswa dalam belajar.
  5. Fleksibel dalam penggunaan waktu dan bahan.

Kelemahan metode ceramah ini adalah :

  1. Guru seringkali mengalami kesulitan dalam mengukur pemahaman siswa sampai sejauhmana pemahaman mereka tentang materi yang diceramahkan.
  2. Siswa cenderung bersifat pasif dan sering keliru dalam menyimpulkan penjelasan guru.
  3. Bilamana guru menyampaikan bahan sebanyak-banyaknya dalam tempo yang terbatas, menimbulkan kesan pemaksaan terhadap kemampuan siswa.
  4. Cenderung membosankan dan perhatian siswa berkurang, karena guru kurang memperhatikan faktor-faktor psikologis siswa, sehingga bahan yang dijelaskan menjadi kabur.
  5. Keunggulan metode diskusi adalah:
  6. Suasana kelas menjadi bergairah, dimana para siswa mencurahkan perhatian dan pemikiran mereka terhadap masalah yang sedang dibicarakan.
  7. Dapat menjalin hubungan sosial antar individu siswa sehingga menimbulkan rasa harga diri,toleransi,demokrasi,berpikir kritis dan sistimatis.
  8. Hasil diskusi dapat dipahami oleh para siswa karena mereka secara aktif mengikuti perdebatan yang berlangsung dalam diskusi.
  9. Adanya kesadaran para siswa dalam mengikuti dan mematuhi aturan-aturan yang berlaku dalam diskusi merupakan refleksi kejiwaan dan sikap mereka untuk berdisiplin dan menghargai pendapat orang lain.

Kelemahan-kelemahan metode diskusi:

  1. Adanya sebagian siswa yang kurang berpartisipasi secara aktif dalam diskusi dapat menimbulkan sikap acuh tak acuh dan tidak ikut bertanggung jawab terhadap diskusi.
  2. Sulit meramalkan hasil yang ingin dicapai karena penggunaan waktu yang terlalu panjang.
  3. Para siswa mengalami kesulitan mengeluarkan ide-ide atau pendapat mereka secara ilmiah atau sistimatis.
  4. Kelemahan metode tanya jawab antara lain:
  5. Waktu yang digunakan dalam pelajaran tersita dan kurang dapat dikontrol secara baik oleh guru karena banyaknya pertanyaan yang timbul dari siswa.
  6. Kemungkinan terjadi penyimpangan perhatian siswa bilamana terdapat pertanyaan atau jawaban yang tidak berkenaan dengan sasaran yang dibicarakan.

Jalannya pengajaran kurang dapat terkoodir secara baik, karena timbulnya pertanyaan-pertanyaan dari siswa yang mungkin tidak dapat dijawab secara tepat, baik oleh guru maupun oleh siswa.

Kelebihan metode tanya jawab antara lain:

  1. Kelas akan menjadi hidup karena siswa dibawa kearah ber-pikir secara aktif.
  2. Siwa terlatih berani mengemukakan pertanyaan atau jawaban atas pertanyaan yang diajukan oleh guru.
  3. Dapat mengaktifkan retensi siswa terhadap pelajaran yang telah lalu.
  4. Keunggulan metode demonstrasi dan eksperimen adalah :
  5. Perhatian siswa dapat terpusat sepunuhnya pada anak yang didemonstrasikan atau yang dieksperimenkan.
  6. Memberikan pengalaman praktis yang dapat membentuk ingatan yang kuat dan keterampilan dalam berbuat.
  7. Hal-hal yang menjadi teka-teki siswa dapat terjawabmelalui eksperimen.
  8. Menghindarkan kesalahan siswa dalam mengambil suatu kesimpulan, karena mereka mengamati secara langsung jalannya proses demonstrasi atau eksperimen yang diadakan.

https://ijateng.id/zombie-defense-apk/