IPB Luncurkan IPB Mobile for Parents

IPB Luncurkan IPB Mobile for Parents

IPB Luncurkan IPB Mobile for Parents

IPB Luncurkan IPB Mobile for Parents
IPB Luncurkan IPB Mobile for Parents

Sebagai salah satu perwujudan dari kesiapan Institut Pertanian Bogor (IPB)

memasuki era revolusi industri 4.0, IPB resmi meluncurkan aplikasi IPB Mobile for Parents.

Aplikasi tersebut merupakan aplikasi mobile khusus untuk orang tua mahasiswa IPB. Di dalamnya terdapat berbagai fitur yang dapat dimanfaatkan orang tua mahasiswa guna melihat aktivitas anaknya di kampus seperti transkrip nilai, jadwal perkuliahan, kehadiran dalam perkuliahan dan praktikum, serta transkrip pembayaran SPP per semester.

“Aplikasi ini merupakan salah satu rancangan program dari Rektor IPB.

Dengan aplikasi ini, diharapkan orang tua tidak perlu khawatir menitipkan anaknya di IPB karena dapat melihat perkembangan serta aktivitasnya di kampus,” tutur Ir. Julio Adisantoso, M.Kom, selaku Direktur Sistem Informasi dan Transformasi Digital (DSITD) IPB.

Aplikasi yang dikelola oleh DSITD IPB ini dapat diunduh oleh orang tua mahasiswa melalui aplikasi Google Play Store secara gratis. Selepas mengunduh, orang tua dapat melakukan login dengan memasukan username serta password yang diberikan oleh pihak IPB. Bila orangtua mahasiswa belum mempunyai akun, orangtua mahasiswa dapat mengirimkan email sesuai dengan panduan yang tertera dalam aplikasi.

“Orangtua akan diminta mengirimkan email berisi nama mahasiswa beserta tanggal lahir

. Selepas itu pihak IPB akan mencocokkan informasi yang diberikan dengan database yang ada. Tujuannya untuk menghindari sembarang orang menggunakan aplikasi tersebut. Bila data telah cocok, maka orang tua akan diberi username beserta password,” urai Julio.

Julio juga menuturkan salah satu alasan diciptakannya aplikasi IPB Mobile for Parents dikarenakan pengiriman transkrip nilai yang biasa dilakukan IPB menggunakan surat dirasa kurang efektif karena memakan waktu yang cukup lama.

“Dengan memanfaatkan kemajuan teknologi, orangtua mahasiswa menjadi lebih mudah dan lebih cepat dalam mengakses transkrip nilai. IPB Mobile for Parents telah mendapatkan respon yang baik dari orangtua mahasiswa. Sudah banyak email masuk, banyak permintaan untuk meminta akun,” tambah Julio

 

Sumber :

https://jeffmatsuda.com/