Ijtihad, Pengertian, Dan Syaratnya

   Ijtihad, Pengertian, Dan Syaratnya

  1. Pengertian Ijtihad

Bagaimanapun pentingnya kedudukan Al-Qur’an dan hadis , namun keduanya memiliki “keterbatasan” maksudnya segala permasalahan baru  yang muncul dalam kehidupan umat yang dipicu oleh perkembangan IPTEK, tidak dapat langsung dicarikan jawabannya dari kedua sumber tersebut, walaupun mungkin pesan dasarnya tercantum dalam Al-Qur’an dan Hadis. Pesan-pesan inilah yang akan digali dengan metode tertentu sehingga menghasilkan hukum. Upaya menggali pesan-pesan tersebut dinamai dengan Ijtihad.

Ijtihad diambil dari kata al-juh yang berarti upaya sunggguh sungguh. Secara etimologis, ijtihad adalah mengerahkan kemampuan intelektual secra maksimalnun untuk menemukan hukum syara”. Orang yang melakukannya disebut dengan Mujtahid.

Ijtihad bukanlah satu pekerjaan mudah, untuk dapat melakukannya diperlukan beberapa syarat, Mengenai bahasa.

Ahmad Fahmi Abu Sunnah, al-‘Urf wa al-adah fi Ra”yi al-Fuqaha”( Mesir: dan al-arab dengan seluk beluknya, mengetahui Sunnah Rasul dengan segala ilmu-ilmu yang terkait dengannya, memahami qiyas, ijmak”dan Metode lainnya.

Karena permasalahan yang berkembang semakin kompleks dan berhubungan dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, maka seorang Mujtahid harus juga memahami dengan baik masalah yang sedang dihadapi.

Mengingat beberapa persyaratan ijtihad, sangat kecil kemungkinan syarat –sayrat tersebut dapat dipenuhi seseorang. Itulah sebabnya ijtihad  fardiyah tidak mungkin lagi dilakukan sekarang. Yang paling mungkin adalah ijtihad jama’I “ (ijtihad kolektif)  dimana masing-masing ahli duduk bersama-sama memecahkan satu persoalan dan mencari jawaban hukumanya.

Ijtihad semakin penting untuk saat ini disebabkan satu kenyataan bahwa masyarakat senantiasa mengalami perubahan. Mayarakat itu dapat berupa perubahan tatanan sosial, budaya, sosial politik, ekonomi dan lain-lain.

Dalam bidang kedokteran, muncul masalah-masalah baru seperti genetika. Dalam bidang ekonomi muncul lembaga-lembaga perbankan yang menawarka berbagai macam produk, lembaga asuransi dengan segala permasalahan, yang harus segera dicarikan jawaban hukumnya.