Fungsi, struktur, gambar organel hewan

Sel hewan sel

Semua sel hewan tidak memiliki bentuk, ukuran, dan fungsi yang sama. Sel memiliki berbagai bentuk dan ukuran. Beberapa sel ditutupi dengan dinding, tetapi yang lain tidak. Beberapa orang memiliki mantel yang licin. Namun, mekanisme seluler utamanya adalah sama, yaitu untuk membantu fungsi tubuh.

Beberapa sel hewan memiliki lapisan tebal di sekitar sel. Lapisan tebal ini disebut kapsul dan ditemukan dalam sel bakteri. Sebenarnya ada berbagai macam sel dalam tubuh manusia. Selain tubuh ini, ada zat lain selain makhluk hidup seperti kuku jari, rambut, gigi, dan tulang di 200 jenis sel. Semua bahan ini terdiri dari sel-sel mati.

Fungsi, struktur, gambar organel hewan


Membran sel

Membran sel adalah bagian terluar dari sel yang membungkus sel yang terdiri dari protein (lipoprotein) dan lipid (lipid). Membran sel mengatur intrusi mineral dan nutrisi ke dalam dan ke luar sel.

Sebagai pelindung sel
Mengatur intrusi nutrisi dan mineral
Saya menerima stimulasi dari luar
Di mana berbagai reaksi kimia terjadi

Organel Sel Hewan Sitoplasma selengkapnya di : https://laelitm.com/

Sitoplasma

Sitoplasma adalah zat seperti cairan sel atau gel. Bagian cair dalam sel ini memiliki dua bentuk, fase sol (padatan) dan fase gel (cairan). Karena khusus untuk cairan yang terletak di nukleus disebut materi nuklir.

Sitoplasma terdiri dari protein dan air. Ketika konsentrasi kelembaban rendah menjadi padat dan lunak, biasanya disebut gel. Dan ketika konsentrasi air tinggi, biasanya disebut Sol. Sitoplasma terdiri dari 90% air, sehingga berfungsi sebagai pelarut.

Fungsi sitoplasma:

Tempat metabolisme sel terjadi
Asal sitokimia

Retikulum endoplasma atau apa yang disingkat umumnya sebagai RE adalah organel terbesar setelah mitokondria. Di mana RE membentuk sirkuit interkoneksi datar terowongan, ia memiliki bentuk sekrup jala.

Ada dua jenis RE, RE kasar dan RE halus. ER kasar bertanggung jawab untuk mempertahankan protein yang terbentuk di dalam robot. Retikulum endoplasma bidang kasar diikat oleh ribosom, tetapi retikulum endoplasma halus tidak terikat oleh ribosom.

Fungsi retikulum endoplasma:

Sebagai tempat untuk mengangkut sintesis steroid dan lemak
Ini adalah tempat untuk menyimpan fosfolipid, steroid, dan glikolipid.
Ini membantu mendetoksifikasi sel-sel berbahaya dalam sel (REh)
Sintesis protein (REk)

4. # organel sel hewan mitokondria

Mitokondria

Mitokondria adalah organel terbesar yang merupakan mesin sel. Bentuknya mirip cerutu dengan dua selaput berlekuk yang disebut Kurita. Karena mitokondria dapat menghasilkan energi, oksigen dan glukosa bekerja bersama dalam pembentukan energi (ATP) yang diperlukan untuk metabolisme organel dan aktivitas seluler, seperti mitokondria memiliki julukan The Power House.

Mitokondria dalam bentuk tunggul disebut mitokondria dan mitokondria adalah organel yang mengubah energi kimia menjadi energi lain.

Fungsi mitokondria:

Menghasilkan energi dalam bentuk ATP
Respirasi sel

Organel sel hewan # filamen mikro
Filamen mikro
Filamen mikro adalah sel yang terbentuk dari protein aktin dan miosin. Mikrofilamen memiliki bentuk yang sama dengan mikrotubulus, tetapi mikrofilamen memiliki diameter yang lebih kecil dan lebih lembut. Mikrofilamen berperan untuk memainkan peran dalam pergerakan sel, eksositosis, dan endositosis.

Organel sel hewan # Peroksisom (Tubuh Mikro)

Peroxisome

Peroksisom adalah keton kecil yang mengandung peroksida (H 2 O 2) yang merupakan metabolisme toksik yang beracun bagi air dan enzim katalase yang berfungsi memecah oksigen yang berbahaya bagi sel. Peroksisom sering terjadi pada ginjal dan sel hati.

Fungsi peroxisome:

Larutkan perusoid (H 2 O 2) dari reruntuhan metabolisme beracun
Ubah dari lemak menjadi karbohidrat

# Organel sel hewan ribosom

Ribosome

Ribosom adalah organel kecil dan kompak berdiameter 20 nm yang terdiri dari 65% ribosomal RNA (rNA) dan 35% ribosomal protein (RNP). Ini terdiri dari dua subunit, subunit besar dan subunit kecil. Silakan baca struktur dan fungsi ribosom (sel organel) untuk diskusi lengkap.

Fungsi ribosom: Tempat di mana fotosintesis terjadi.

Organel sel hewan # mikrotubulus

Mikrotubulus

Mikrotubulus adalah organel yang terletak di sitoplasma yang ditemukan dalam sel eukariotik dan memiliki silinder silinder panjang dengan diameter 12 nm dan diameter luar 25 nm. Ini terdiri dari molekul bola yang disebut tubulin.
Dalam kondisi tertentu, tubulin secara spontan membentuk silinder berlubang panjang. Mikrotubulus memiliki sifat keras.
Fungsi mikrotubulus:

Lindungi sel
Berikan bentuk sel
Ini memainkan peran dalam pembentukan flagel, silia dan sel darah pusat

Golgi hewan organel sel somatik
Agensi Golgi