Fungsi Sel Tumbuhan beserta Jenis Lengkapnya

Sel Tumbuhan

Fungsi Sel Tumbuhan beserta Jenis Lengkapnya – Tahukah Anda apa yang dimaksud dengan sel tumbuhan? Jika Anda tidak mengetahui hal ini, Anda dapat mengunjungi gurupendidikan.com.

Sel adalah unit terkecil dari makhluk hidup. Di dalam sel, ada protoplasma yang terdiri dari karbohidrat, lemak, protein, dan asam nukleat. Tergantung pada jenis sel, ia berdiferensiasi menjadi sel prokariotik, yaitu sel yang tidak memiliki membran nuklir dan sel eukariotik, yaitu sel yang memiliki membran nuklir.

Dari penemuan tentang sel dan semua aktivitasnya, lahir teori sel bahwa sel adalah unit struktural, kesatuan fungsional, kesatuan pertumbuhan, definisi keturunan dan kesatuan reproduksi makhluk hidup.

Secara struktural, sel adalah bagian integral dari makhluk hidup, yang merupakan bagian dari sel yang menutupi membran plasma, nukleus, dan sitoplasma. Membran plasma terdiri dari lipoprotein, yang merupakan penghubung antara lemak dan protein.

Ada inti dari inti yang berfungsi untuk mensintesis ribosom, inti berfungsi untuk mengontrol aktivitas seluler. Sitoplasma mengandung organel seluler seperti retikulum, endoplasma, ribosom, badan Golgi, libosom, mitokondria, mikrotubulus, mikrofilamen.

Memahami Sel Tanaman

Sel Tumbuhan

Sel tumbuhan adalah sekelompok sel eukariotik, sel eukariotik, yaitu kelompok sel yang memiliki bahan genetik (DNA) yang dibungkus atau dibungkus dengan membran. Sel-sel tumbuhan memiliki struktur yang berbeda dibandingkan dengan sel-sel eukariotik lainnya.

Perbedaan utama adalah bentuk sel tanaman yang kaku. Bentuk ini diperoleh dari dinding sel, yang merupakan bagian terluar dalam sel tanaman. Dinding sel terdiri dari senyawa selulosa, pektin, hemiselulosa, dan lignin, yang memperkuat struktur tanaman.

Meskipun hewan dan tumbuhan memiliki eukariota, mereka memiliki karakteristik tertentu. Sebagai contoh, sel-sel tanaman telah mengembangkan dinding sel dan vakuola besar dengan baik, sedangkan sel-sel hewan tidak memiliki struktur ini.

Selain perbedaan dalam bentuk struktural, ada sentriol dan filamen sedang dalam sel hewan yang tidak ditemukan dalam sel tanaman.

Karakteristik sel tanaman terdiri dari organel dan sitoplasma, di mana semua organel (kecuali inti sel atau inti sel) dan struktur subseluler dalam sitoplasma akan ditutup dengan membran sel atau dinding sel sebagai lapisan pelindung.

Karakteristik Sel Tanaman

Sel tumbuhan memiliki bagian khusus yang membedakannya dari sel hewan atau sel eukariotik lainnya. Berikut adalah organel yang hanya ditemukan dalam sel tanaman:

Vakuola besar, volume yang diisi dengan air dan ditutup dengan membran yang disebut tonoplast. Fungsi tonoplast adalah untuk mempertahankan sel turgor, mengontrol pergerakan molekul antara sitosol dan jus sayuran, menyimpan zat bermanfaat dan mencerna limbah protein dan organel.

Dinding sel terdiri dari selulosa, hemiselulosa, pektin dan beberapa mengandung lignin. Ini diproduksi oleh protoplas di luar membran sel. Ini berbeda dengan dinding sel jamur dari kitin dan bakteri dari peptidoglikan.

Jalur komunikasi antar sel khusus, yang dikenal sebagai plasmodesmata dalam bentuk pori-pori di dinding sel, yang menghubungkan membran plasma dalam satu sel dengan retikulum endoplasma di sel lain.

Plastid terdiri dari kloroplas, kromoplas dan leukoplas. Kloroplas mengandung klorofil, yang berguna untuk menyerap sinar matahari dan memungkinkan tanaman menyiapkan makanan mereka sendiri dalam proses yang dikenal sebagai fotosintesis.

Kromoplas untuk sintesis dan penyimpanan pigmen. Leukoplas adalah bagian plastid yang tidak berwarna, yang berguna untuk menyimpan stok makanan.

Ini adalah ulasan lengkap. Semoga ulasan di atas bermanfaat bagi pembaca. Ini semua dan terima kasih.

Baca Juga :