Faktor yang Mempengaruhi Belajar

Faktor yang Mempengaruhi Belajar

Faktor yang Mempengaruhi Belajar

Faktor yang Mempengaruhi Belajar
Faktor yang Mempengaruhi Belajar
Dalam belajar banyak sekali faktor-faktor yang mempengaruhinya. Dari sekian banyak faktor yang mempengaruhi belajar, menurut Wasty Soemarno (1989) dapat digolongkan menjadi 3 faktor :

1. Faktor-faktor stimuli belajar

Yang dimaksud stimuli belajar di sini yaitu segala hal di luar individu yang merangsang individu untuk mengadakan reaksi atau perubahan belajar. Stimuli dalam hal ini mencakup material penugasan, serta suasana lingkungan eksternal yang harus diterima atau dipelajari oleh siswa. Berikut ini dikemukakan beberapa hal yang berhubungan dengan faktor-faktor stimuli belajar :

Panjangnya bahan pelajaran

Panjangnya bahan pelajaran berhubungan dengan banyak bahan pelajaran. Semakin panjang bahan pelajaran semakin panjang pula waktu yang diperlukan oleh siswa untuk mempelajarinya. Bahan yang terlalu panjang atau terlalu banyak dapat menyebabkan kesulitan siswa dalam belajar. Kesulitan siswa ini tidak semata-mata karena panjangnya waktu untuk belajar , melainkan lebih berhubungan dengan faktor kelemahan atau faktor kejenuhan siswa dalam menghadapi atau mengerjakan bahan yang banyak.

Kesulitan bahan pelajaran

Tiap-tiap bahan pelajaran mempunyai tingkat kesulitan yang berbeda. Tingkat kesulitan bahan pelajaran mempengaruhi kecepatan belajar. Makin sulit bahan pelajaran makin lambat orang mempelajarinya. Bahan yang sulit memerlukan aktivitas belajar yang lebih intensif, sedangkan bahan yang sederhana mempengaruhi intensitas belajar seseorang.

Beratnya bahan pelajaran

Belajar memerlukan modal pengalaman yang diperoleh dari belajar sebelumnya. Modal pengalaman itu dapat berupa penguasan bahasa, pengetahuan dan prinsip-prinsip. Modal pengalaman itu menentukan keberartian bahan yang dipelajari pada waktu sekarang. Bahan yang berarti adalah bahan yang dapat dikenali. Bahan yang berarti memunkinkan siswa untuk belajar, karena siswa dapat mengenalnya. Bhan yang tanpa arti sukar dikenali akbat tidak ada perhatian siswa terhadap bahan itu.

Berat ringannya tugas

Mengenalinya berat ringannya tugas, hal ini erat kaitannya dengan tingkat kemampuan siswa. Tugas yang sama kesukarannya berbeda bagi masing-masing siswa. Hal ini disebabkan karena kapasitas intelektual serta pengalaman mereka tidak sama. Boleh jadi pula, berat ringannya tugas berhubung dengan usia siswa. Ini berarti bahwa kematangan individu ikut menjadi indikator atas berat atau ringannya tugas bagi siswa yang bersangkutan. Dapat dibuktikan bahwa tugas-tugas yang terlalu ringan atau mudah akan mengurani tantangan belajar, sedangkan tugas –tugas yang terlalu berat atau sukar membuat jera bagi siswa untuk belajar.

Suasana lingkungan eksternal

Suasana lingkungan eksternal menyangkut banyak hal antara lain : cuaca, waktu, kondisi, tempat, penerangan dan sebagainya. Faktor-faktor ini mempengaruhi sikap dan interaksi siswa dalam aktivitas belajarnya,sebab siswa yang belajar adalah interaksi dengan lingkungannya.