Faktor pokok

Faktor pokok

Table of Contents

Faktor pokokFaktor pokok

  1. Dekat dengan bahan baku

Beberapa industri karena sifat dan keadaan dari proses produksinya memaksa untuk menempatkan pabriknya dengan sumber bahan baku, Seperti pabrik semen, mengharuskan lokasi pabrik berada didaerah yang memiliki sumber bahan baku semen.

  1. Dekat dengan tenaga kerja dan tingkat upah

Pemilihan lokasi akan mempertimbangkan tersedianya tenaga kerja yang cukup yang tidak saja dilihat dari ketersediaan jumlah pekerja akan tetapi juga kemampuan dan keterampilan pekerja dan tentu saja akan mempertmbangkan tingkat upah rata-rata pada lokasi alternatif.

  1. Berdasarkan biaya angkutan

Tersedianya alat transportasi yang layak akan sangat mempengaruhi proses produksi, jenis fasilitas  dan biaya relatif dari masing-masing alat transportasi dilokasi alternatif harus memberikan biaya transportasi yang minimal.

  1. Pemasaran

Pemasaran merupakan salah satukegiatan yang dilakukan olehperusahaandalam usahanya mempertahankankelangsungan hidup maupun untuk mengembangkan usahanya.

Mengingatpentingnya kegiatan pemasaran, maka didalam perencanaan pemasaran diperlukanadanya perencanaan strategis yang tercakup didalam marekting mix(bauran pemasaran).

  1. Sumber energy

Faktor ini sangat vital dalam penetuan lokasi karena keberadaannya mutlak diperlukan, Secara umum sebagian perusahaan membeli  energi (listrik) daripada harus membuat instalasi pembangkit energi.

  1. Faktor tambahan
  2. Perundang-undangan

Undang-undang yang dikeluarkan oleh suatu negara baik di tingkat pusat maupun tingkat daerah akan mempengaruhi mempengaruhi proses pemilihan lokasi pabrik. Beberapa aspek yang umum diatur oleh undang-undang adalah berupa jam kerja maksimal, upah minimum, usia kerja minimum, dan kondisi-kondisi lingkungan kerja harus dipertimbangkan dalam menentukan lokasi pabrik.

  1. Iklim

Iklim secara nyata akan banyak mempengaruhi efektivitas, efisiensi, produktivitas dan perilaku tenaga kerja dalam melaksanakan aktivitas sehari-harinya. Berdasarkan penelitian, manusia akan dapat bekerja dengan nyaman dalam iklim yang temperaturnya dapat dijaga sekitar 20-22°C

  1. Perpajakan

Bagi pengusaha, pemotongan pajak sangat menolong mengurangibeban biaya operasional, sehingga akan lebih mampu untuk mempertahankan kapasitas produksinya, sehingga mengurangi kemungkinan melakukan PHK. Memang berdasarkan studi di beberapa negara berkembang, pengurangan beban pajak lebih berhasil untuk menstimulasi pertumbuhan daripada ekspansi belanja pemerintah.

  1. Kondisi lingkungan

Faktor lingkungan yang dimaksud ialah segala sesuatu yang ada di sekitarnya yang dapat menunjang kelancaran produksi.seperti keamanan dan ketertiban, jarak ke pemukiman, struktur batuan yang stabil, iklim yang ocok, tersedianya sumber air, dan lain-lain.

RECENT POSTS