Faktor-faktor metode belajar

 Faktor-faktor metode belajar

 Faktor-faktor metode belajar

Faktor-faktor metode belajar
Faktor metode belajar menyangkut hal-hal sebagai berikut :

Kegiatan berlatih dan praktek 

Berlatih dapat diberikan secara maraton (non stop) atau secara distribusi (dengan selingan waktu istirahat). Latihan yang diberikan secara maraton dapat melelahkan dan membosankan, sedangkan latihan yang didistribusi menjamin terpeliharanya stamina dan kegairahan belajar jam pelajaran yang terlalu panjang kurang efektif, semakin pendek distribusi waktu untuk latihan semakin efektif latihan itu. Latihan memerlukan waktu istirahat yang sedang, lamanya terantung tugas atau keterampilan yang dipelajari atau lamanya waktu pelaksanaan seluruh kegiatan.

Resitasi selama belajar 

Kombinasi lamanya dengan resitasi (transfer belajar) sangat bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan membaca maupun untuk menghafalkan tanpa melihat bacaannya. Jka setelah menguasai suatu bagian dapat melanjutkan ke bagian selanjutnya. Resitasi sangat cocok diterapkan pada belajar membaca atau menghafal.

Pengenalan tentang hasil belajar

Dalam proses belajar, sering mengabaikan tentang perkembangan hasil belajar selama dalam belajarnya. Hasil penelitian para ahli psikologi menunjukkan bahwa pengenalan seorang terhadap hasil atau kemajuan belajarnya adalah penting, karena dengan mengetahui yang telah dicapai seseorang akan lebih berusaha meningkatkan hasil belajar selanjutnya.

Bimbingan dalam belajar

Bimbingan yang terlalu banyak yang diberikan oleh seorang guru atau orang lain cenderung membuat siswa tergantung. Bimbingan menjadi dapat diberikan dalam batas yang diperlukan siswa. Hal yang paling penting yaitu perlunya pemberian modal kecakapan pada individu. Sehingga yang bersangkutan dapat melaksanakan tugas yang diberikan dengan sedikit saja bantuan dari pihak lain.