Dengan akuisisi era pandemi, teknologi besar kembali ke garis bidik antitrust

Dengan akuisisi era pandemi, teknologi besar kembali ke garis bidik antitrust

Dengan akuisisi era pandemi, teknologi besar kembali ke garis bidik antitrust

 

Dengan akuisisi era pandemi, teknologi besar kembali ke garis bidik antitrust
Dengan akuisisi era pandemi, teknologi besar kembali ke garis bidik antitrust

Dengan banyak sektor utama benar-benar beku dan terhuyung-huyung dari kerugian, pemain teknologi terbesar membuktikan diri mereka sebagai pengecualian terhadap aturan lagi. DiJumat, Facebook mengkonfirmasi rencananya untuk membeli Giphy , mesin pencari gif populer, dalam kesepakatan yang diyakini bernilai $ 400 juta.

Facebook telah mengindikasikan keinginannya untuk menjalin hubungan baru dengan pengembang dan konten untuk Giphy, tetapi apa yang benar-benar diinginkan oleh jejaring sosial terbesar di dunia dengan platform gif populer mungkin lebih dari sekadar memenuhi pandangan. Seperti yang disarankan Bloomberg dan outlet lainnya, ada kemungkinan Facebook benar-benar menginginkan perusahaan sebagai lensa bagaimana pengguna terlibat dengan platform sosial para pesaingnya. Alat pencarian Gifhy saat ini diintegrasikan ke dalam sejumlah platform pengiriman pesan, termasuk TikTok, Twitter, dan iMessage Apple.

Pada tahun 2018, Facebook terkenal masuk ke dalam air panas atas penggunaan aplikasi mobile bernama Onavo

yang memberi perusahaan mengintip ke dalam penggunaan mobile di luar rangkaian aplikasi Facebook sendiri – dan melanggar kebijakan Apple tentang pengumpulan data dalam proses. Setelah celah itu ditutup, Facebook sangat membutuhkan wawasan semacam ini tentang kompetisi sehingga ia membayar orang – termasuk remaja – untuk mengesampingkan aplikasi yang memberikan akses root perusahaan dan memungkinkan Facebook untuk melihat semua aktivitas mobile mereka, seperti yang diungkapkan TechCrunch tahun lalu. .

Untuk anggota parlemen dan kekuatan regulasi lainnya, pembelian Giphy dapat membunyikan dua set alarm yang berbeda: satu untuk bukti lebih lanjut tentang perilaku anti-kompetitif yang menumpuk di industri teknologi dan satu lagi untuk potensi implikasi privasi konsumen dari kesepakatan itu.

“Departemen Kehakiman atau Komisi Perdagangan Federal harus menyelidiki kesepakatan yang diusulkan ini,” kata Senator Minnesota Amy Klobuchar dalam sebuah pernyataan yang diberikan kepada TechCrunch. “Banyak perusahaan, termasuk beberapa saingan Facebook, mengandalkan perpustakaan Giphy untuk konten yang dapat dibagi dan layanan lainnya, jadi saya sangat prihatin dengan akuisisi yang diusulkan ini.”

Dalam undang-undang yang diusulkan akhir bulan lalu, Senator Elizabeth Warren(D-MA) dan Rep. Alexandria

Ocasio-Cortez (D-NY) menyerukan pembekuan merger besar , memperingatkan bahwa perusahaan besar mungkin melihat pandemi sebagai kesempatan untuk mengkonsolidasikan kekuasaan dengan membeli bisnis kecil dengan harga jual yang tinggi.

Dalam sebuah pernyataan, mencatat “sejarah pelanggaran privasi Facebook,” juru bicara Senator Warren mengatakan, “Kami membutuhkan rencana Senator Warren untuk moratorium merger besar selama krisis ini, dan kami membutuhkan penegak hukum yang akan memecah Big Tech.”

Berita langkah terbaru Facebook datang hanya beberapa hari setelah laporan Wall Street Journal mengungkapkan bahwa Uber mencari untuk membeli Grubhub , layanan pengiriman makanan yang bersaing dengan langsung melalui Uber Makan

Berita itu juga mengangkat alis di antara anggota parlemen pro-regulasi yang telah berusaha untuk memecah teknologi besar. Perwakilan David Cicilline (D-RI), yang mengetuai subkomite antitrust DPR, menyebut kesepakatan itu “suatu rendah baru dalam pencatutan pandemi.”

“Kesepakatan ini menggarisbawahi urgensi untuk moratorium merger, yang saya dan beberapa rekan saya telah mendesak kaukus kami untuk mendukung,” kata Cicilline dalam sebuah pernyataan tentang akuisisi Grubhub.

Hari-hari awal pandemi mungkin telah mengambil beberapa perhatian antimonopoli dari perusahaan teknologi

terbesar, tetapi ketika pemerintah dan orang-orang Amerika jatuh ke dalam ritme selama krisis coronavirus, itu tidak mungkin bertahan lama. Pada hari Jumat, Wall Street Journal melaporkan bahwa Departemen Kehakiman dan sekumpulan jaksa agung negara bagian sedang dalam proses mengajukan tuntutan hukum anti monopoli terhadap Google, dengan kasus yang diperkirakan akan terjadi pada bulan-bulan musim panas.

Sumber:

https://www.artstation.com/ahmadali88/blog/R413/gb-whatsapp-apk