Dampak Angin Muson Barat dan Timur

Dampak Angin Muson Barat dan Timur

Dampak Angin Muson Barat dan Timur

Dampak Angin Muson Barat dan Timur
Dampak Angin Muson Barat dan Timur

Angin Muson Barat

Angin muson barat bertiup dari bulan Oktober – April dari arah barat laut ( Asia) ke arah selatan (Australia). Angin ini bersifat basah dan lembap, sehingga dapat mengakibatkan musim hujan. Berikut ini merupakan dampak dari angin muson barat, yaitu:

 

Dampak positif:

  1. Tanaman-tanaman bisa lebih subur dan lebih hijau.

Dengan banyaknya hujan, maka banyak air yang diserap oleh tumbuhan. Hal ini membuat tanaman lebih subur dan hijau karena air sangat berperan penting bagi tumbuhan.

  1. Sawah tidak perlu memakai perairan buatan

Hal ini karna dengan hujan sawah juga bisa subur dan lebih hijau. Jadi dengan begitu petani tidak perlu repo-repot membuat dan memakai perairan buatan.

  1. Bisa mengurangi polusi udara..

Ketika hujan turun, maka polusi dan debu – debu yang ada di udara ikut larut dan hanyut bersama dengan air hujan. Sehingga dengan adanya musim hujan dapat mengurangi polusi udara ( Polusi tidak bagus menjadi bersih).

  1. Mengurangi risiko kebakaran hutan.

Dengan adanya musim hujan, maka tumbuh-tumbuhan di hutan pun menjadi subur, tidak layu, dan tidak kering. Hal ini dapat mengurangi risiko terjadinya kebakaran hutan yang disebabkan oleh keringnya  bagian tumbuh-tumbuhan tersebut.

  1. Udara sejuk.
  2. Banyak ikan

 

Dampak negatif:

1)      Meningkatnya penyakit demam berdarah

Saat musim hujan nyamuk-nyamuk akan keluar dari sarangnya dan meninggalkan telur-telurnya menetas dengan sendirinya. Ini harus di waspadai, karna nyamuk bisa menimbulkan penyakit demam berdarah atau DBD.

2)      Menimbulkan banjir

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi – Pada saat musim hujan, hujan turun terus-menerus dan akan menimbulkan kebanjiran untuk daerah-daerah yang datarannya rendah dan kota-kota besar. Apalagi jika ditambah dengan banyaknya sampah di selokan dan sedikitnya pohon yang menyerap air.

3)      Menyebabkan tanah longsor

Pada saat musim hujan, jika hujan tersebut sangat lebat dan terjadi terus menerus, hal tersebut dapat mengakibatkan terjadinya longsor di daerah perbukitan dan pegunungan. Apalagi ditambah dengan sedikitnya pohon di daerah tersebut ( akibat dari penebangan pohon dan tidak dilakukan penanaman kembali ) maka hal ini sangat berpotensial menyebabkan terjadinya tanah longsor.

4)      Panen petani gagal.

Apabila terjadi musim hujan maka musim panen akan banyak menghadapi masalah, seperti tanah persawahan yang masih basah bahkan ada yang masih tergenang air, penjemuran padi yang sulit dilakukan di tempat terbuka karena hujan yang terus-menerus. Untuk daerah persawahan yang rawan genangan air akibat luapan sungai juga terancam gagal panen, karena dengan adanya hujan lebat bisa memicu banjir dan sungai meluap menggenangi areal persawahan. Padi akan menjadi rusak sebelum dipanen.

5)      Nelayan terganggu.

Jika hujan terus-menerus, nelayan akan terganggu dan sulit untuk melaut. Karena ketika hujan, langit menjadi gelap dan hujan deras mengakibatkan nelayan sulit untuk pergi ke laut

 

Angin Muson Timur

Angin muson timur bertiup dari bulan April-Oktober dari arah Australia ke Asia. Angin muson timur bersifat kering, uap air sedikit, dan panas , sehingga dapat mengakibatkan terjadinya musim kemarau.

Dampak positif:

  1. Petani  bisa panen
  2. Pakaian cepat kering.
  3. Tidak mengganggu nelayan.

 

Dampak negatif:

a) Warga kesulitan memperoleh air bersih

b) Berdampak pada kesehatan manusia seperi penyakit radang tenggorokan atau diare

c) Banyaknya pohon yang mati dan jalan berdebu  sehingga sering menimbulkan penyakit pernafasan seperti flu dan lainnya.

d) Mengalami kekeringan.

e) Dapat mengakibatkan kebakaran hutan

Pada saat musim kemarau, tumbuh – tumbuhan di hutan menjadi kering dan layu. Jika selama musim kemarau tersebut tidak ada hujan atau curah hujannya sangat sedikit, hal tersebut berpotensial besar terhadap terjadinya kebakaran hutan.