Contoh Teks Eksposisi

contoh teks eksposisi

Contoh Teks Eksposisi – Halo semuanya, apakah Anda tahu teks eksposisi itu? Berbicara tentang teks pameran tentu sangat terkait erat dengan pengajaran bahasa Indonesia. Teks pameran adalah bagian dari berbagai jenis teks yang ada.

Untuk memudahkan Anda memahami teks pameran, beberapa contoh teks pameran dicantumkan. Oke, mari kita langsung ke intinya, berikut adalah deskripsi yang lebih rinci dari teks pameran dan contohnya:

Contoh pameran teks pendek tentang ekonomi

Pertumbuhan ekonomi di Indonesia

tesis

Jika ekonomi global dalam krisis, pertumbuhan ekonomi di Indonesia telah menunjukkan hasil yang sangat positif.

Dibandingkan dengan kuartal kedua tahun ini pada periode yang sama dengan tahun sebelumnya, ekonomi di Indonesia telah tumbuh sekitar 6,4%.

Pertumbuhan ini masih terkonsentrasi di Jawa, naik 57,5%. Jika kita menumpuk, pertumbuhan ekonomi di Indonesia pada paruh pertama 2012 jauh lebih baik daripada pada paruh pertama 2011, yang hanya meningkat sekitar 6,3%.

pemikiran

Namun, pertumbuhan ekonomi di Indonesia dianggap tidak biasa. Salamuddin Daeng, seorang pengamat ekonomi di Indonesia untuk keadilan global, mengatakan. Dia berpendapat bahwa pertumbuhan ekonomi di Indonesia tidak diikuti oleh peningkatan kesejahteraan penduduk.

Tidak hanya itu, kata Daeng, setidaknya ada empat faktor yang membuat ekonomi Indonesia anomali.

Pertama, ekonomi Indonesia jauh lebih terpengaruh oleh utang luar negeri, dan nilainya meningkat.

Kedua, peningkatan belanja konsumen juga berdampak pada pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

Ketiga, ekonomi Indonesia juga didorong oleh pertumbuhan ekspor komoditas seperti produk perkebunan, bahan tambang dan lainnya.

Keempat, pertumbuhan ekonomi di Indonesia didorong oleh penciptaan partai oleh pihak asing, yang semakin mengendalikan sumber daya alam di Indonesia oleh orang asing.

Di sisi lain, Tony Prasetiantono, pengamat bisnis di Universitas Gadjah Mada, mengatakan pertumbuhan ekonomi Indonesia didukung oleh sektor domestik.

Menurutnya, dampak krisis global akan dirasakan oleh defisit perdagangan dan penurunan ekspor pada kuartal ketiga dan keempat tahun ini. Kontribusi ekspor terhadap PDB tidak terlalu tinggi.

konfirmasi

Menurut A Tony Prasetianto, pengeluaran pemerintah yang lebih cepat dan lebih tinggi telah membantu pertumbuhan ekonomi Indonesia secara signifikan. Laju inflasi di bawah 5% sangat membantu, walaupun berdampak, karena nilai subsidi energi akan terus meningkat, yang sebenarnya tidak sehat.

Contoh pameran teks pendek tentang hukum

Fakta hukum di Indonesia

tesis

Menurut UUD 1945, hukum Indonesia seharusnya secara tegas mengatur hukuman bagi pelanggar.

Namun faktanya, sering terjadi bahwa hukum merupakan ketidakadilan yang dapat merugikan banyak orang. Hukum bisa ketat, tetapi menjadi tumpul saat dihadapkan dengan uang. Ini sedang terjadi

pemikiran

Bukan lagi rahasia umum ketika sanksi dijatuhkan di Indonesia, yang dianggap sangat lunak, dan beberapa korban hukuman bahkan menerima manfaat dalam bentuk fasilitas yang sangat mewah, meskipun mereka dianggap merugikan masyarakat dan negara.

konfirmasi

Hukum di Indonesia mungkin hanya ketat di hadapan rakyat jelata. Misalnya saja kasus yang pernah ditemui nenek Asyani. Kasing itu seharusnya hanya mencuri kayu. Dia diancam dengan hukuman penjara sekitar 5 tahun. Sangat ironis dan tidak adil. Dibandingkan dengan hukuman para koruptor, yang tidak sebanding dengan apa yang dia lakukan terhadap negara.

Baca Juga :