Cara Mengatasi Smartphone Android yang Cepat Panas

Cara Mengatasi Smartphone Android yang Cepat Panas

Cara Mengatasi Smartphone Android yang Cepat Panas

 

Cara Mengatasi Smartphone Android yang Cepat Panas
Cara Mengatasi Smartphone Android yang Cepat Panas

Smartphone adalah salah satu alat elektronik yang paling sering kita gunakan. Namun ada kalanya ketika menggunakan smartphone, ia tiba-tiba menjadi cepat panas. Ada apakah gerangan? Apakah smartphone kamu demam? Tentu saja tidak.

Smartphone kamu menjadi cepat panas karena berbagai macam hal. Mulai dari banyaknya aplikasi yang berjalan di latar belakang, sampai dengan penggunaan hardcase yang tidak sesuai. Berikut ini adalah cara mengatasinya jika smartphone kamu cepat panas.

Hentikan aplikasi yang berjalan di latar belakang

Semakin banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang, maka akan semakin banyak sumber daya smartphone yang digunakan. Mulai dari CPU sampai dengan RAM. Jika sudah begitu, maka siap-siap smartphone kamu akan mendidih.

Untuk mengatasi hal ini, salah satu cara termudah adalah dengan menghentikan aplikasi-aplikasi yang berjalan di latar belakang. Kamu bisa menggunakan aplikasi seperti Greenify yang pernah saya bahas disini.

Hentikan penggunaan perangkat tambahan

Bukan hanya masalah RAM saja, penggunaan perangkat tambahan yang terhubung dengan smartphone kamu juga akan membuat smartphone kamu cepat panas. Perangkat tambahan seperti keyboard, mouse, dan speaker eksternal akan cepat membuat smartphone panas. Terutama jika dihubungkan secara langsung menggunakan kabel.

Jika smartphone kamu sudah panas, hentikan pemakaian perangkat-perangkat tambahan tersebut. Biarkan

smartphone kamu istirahat. Sama seperti manusia, smartphone pun bisa merasakan kelelahan. Kamu yang hubungannya di gantung terus saja bisa lelah ‘ya kan?

Ganti baterai smartphone

Ada kalanya smartphone kamu menjadi cepat panas karena hard ware smartphone yang memang sudah memasuki usia pemakaian yang lama. Salah satunya adalah baterai. Perangkat keras yang satu ini akan jadi lebih cepat panas jika sudah melalui masa pemakaian yang lama.

Karenanya, jika memang baterai smartphone kamu sudah tidak layak untuk digunakan, gantilah dengan yang baru. Ciri-ciri baterai smarphone kamu perlu diganti adalah cepat panas, cepat habis, dan juga sudah menggelembung.

Ganti kabel charger

Jangan salah, walaupun jenis konektornya sama, namun penggunaan kabel adapter yang tidak sesuai dapat membuat smartphone kamu menjadi cepat panas. Itu dikarenakan daya yang mengalir dari sumber listrik ke smartphone tidak sesuai dengan kabel adapter yang seharusnya.

Karenanya, jangan gunakan sembarang kabel yang kamu gunakan. Kalau bisa, beli lah kabel resmi yang sesuai

dengan merk smartphone kamu. Buat traktir pacar bisa, masa beli kabel original tidak bisa?

Nonaktifkan fitur yang tidak sedang digunakan

Fitur-fitur seperti GPS, Bluetooth dan Tethering adalah fitur yang sangat menguras daya baterai. Nonaktifkan semua fitur smartphone yang tidak sedang kamu gunakan.

Selain fitur-fitur diata, fitur lainnya yang juga bisa kamu nonaktifkan adalah auto brightness, auto rotation, dan juga fitur animasi. Mengenai fitur animasi, saya pernah membahasnya disini.

Ganti hardcase yang digunakan

Jangan sembarangan menggunakan hardcase atau cover untuk smartphone kesayangan kamu. Perhatikanlah

efeknya terhadap smartphone. Ada beberapa hardcase yang justru membuat smartphone menjadi cepat panas.

Itu karena tidak ada lubang untuk keluar masuk udara ke dalam mesin smartphone. Jika sudah begitu, ganti hardcase kamu secepatnya. Jangan sampai menyesal.

Itu dia tips-tips sederhana untuk mengatasi smartphone kamu yang cepat panas.

Sumber:

https://galleta.co.id/starlost-apk/