BAHAN-BAHAN KIMIA YANG TERKANDUNG PADA ROKOK

BAHAN-BAHAN KIMIA YANG TERKANDUNG PADA ROKOK

       Ketika menghisap sebatang rokok, sebenarnya kita telah menghirup banyak sekali zat yang dapat merusak tubuh kita, Adapun pengaruh yang ditimbulkan oleh bahan kimia dalam rokok bagi sistem tubuh adalah sebagai berikut :

  1. Nikotin, menyebabkan kecanduan, merusak jaringan otak, dan darah mudah menggumpal. Bahan ini dapat mempengaruhi tubuh dengan cara : merusak sistem saraf pusat, meningkatkan denyut nadi dan tekanan darah, dan menyebabkan vasokontaksi pembuluh arteri.
  2. Tar, menyebabkan kerusakan pada sel paru-paru, meningkatkan produksi lendir atau dahak di paru-paru, dan dapat menyebabkan kanker paru-paru. Tar bersifat karsinogenik, yaitu zat penyebab kanker (kanker paru-paru).
  3. Karbon monoksida, yang dapat mengurangi jumlah oksigen yang dapat diikat darah,dan menghalangi transportasi oksigen dalam tubuh.Karbon monoksida merupakan gas yang terdapat dalam asap rokok. Karbon monoksida berbahaya kerana mampu mengikat hemoglobin darah yang berakibat kadar oksigen dalam darah berkurang.
  4. Zat kersinogen, dapat memicu pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.
  5. Zat iritan, dapat mengakibatkan batuk, kanker paru-paru, dan iritasi pada paru-paru.

Menurut penelitian, setiap tahun 3,5 juta orang meninggal akibat rokok atau rata-rata 10.000 kematian perhari, baik perokok aktif maupun perokok pasif.

DAMPAK ROKOK BAGI KESEHATAN

Saat sebatang rokok disulut dan asapnya mulai diisap, sejumlah bahan kimia akan beredar ke berbagai organ vital dalam tubuh, yakni paru-paru, jantung dan pembuluh darah. Tubuh akan terkontaminasi dengan bahan kimia yang dapat menyebabkan kanker dan kecanduan.

Asap rokok mengeluarkan lebih dari 40 bahan kimia penyebab kanker, juga sejumlah kecil racun lainnya seperti arsen dan sianida serta lebih dari 4000 bahan kimia lainnya.

Salah satu bahan kimia dalam rokok adalah nikotin. Nikotin akan membuat anda ketagihan rokok dan membuat kecanduan. Nikotin akan meningkatkan zat kimia otak yang disebut dopamin, yang akan membuat anda merasa senang. Dopamin inilah yang mengakibatkan proses kecanduan tersebut.

Karbonmonoksida yang anda hirup dari asap rokok menggantikan oksigen di sel-sel darah dan mengambil zat makanan dari jantung, otak dan organ tubuh lainnya. Merokok juga mematikan indra pengecap dan penciuman sehingga makanan tidak lagi selezat biasanya.

Efek langsung yang dialami oleh orang yang merokok misalnya: aktivitas otak dan sistem saraf yang mula-mula meningkat lalu kemudian menurun, perasaan euforia ringan, merasa relaks, meningkatnya tekanan darah dan denyut jantung, menurunnya aliran darah ke anggota badan seperti jari-jari tangan dan kaki, pusing, mual, mata berair, asam lambung meningkat, menurunnya nafsu makan, dan berkurangnya indera pengecap dan pembau.

Sementara efek jangka panjang dari penggunaan tembakau adalah timbulnya berbagai penyakit, antara lain:

  1. Kecanduan nikotin
  2. Berbagai macam kanker, terutama kanker paru, ginjal, tenggorokan, leher, payu dara, kandung kemih, pankreas dan lambung. Satu dari enam pria perokok akan menderita kanker paru.
  3. Penyakit jantung dan pembuluh darah: stroke dan penyakit pembuluh darah tepi.
  4. Penyakit saluran pernapasan: flu, radang saluran pernapasan (bronkhitis), penyakit paru obstruktif kronis.
  5. Cacat bawaan pada bayi dari ibu yang merokok selama kehamilan.
  6. Penyakit Buerger
  7. Katarak
  8. Gangguan kognitif (daya pikir): lebih rentan terhadap Penyakit Alzheimer (pikun), penyusutan otak.
  9. Impotensi

Adapun dampak rokok terhadap diri sendiri dan orang lain yaitu :

Bagi diri sendiri,

  1. Merokok lebih banyak mendatangkan kerugian dibandingkan keuntungan bagi tubuh
  2. Menimbulkan sugesti kepada diri kita, bahwa jika kita tidak merokok mulut terasa tidak enak dan asam
  3. Rasa ingin tahu, semangat untuk belajar, dan berbagai hal positif yang ada pada diri kita hilang ketika kita menjadi seorang perokok

Bagi orang lain,

  1. Ketika kita sedang merokok, asap rokok kita dapat mengganggu orang lain dan juga menyebabkan polusi udara
  2. Menyebabkan seseorang yang dekat dengan kita menjadi seorang perokok pasif
  3. Jika membuang puntung rokok sembarangan tanpa mematikan terlebih dahulu sebelumnya, dapat menyebabkan kebakaran
  4. Menyebabkan meninpisnya lapisan ozon

Sumber: https://newsinfilm.com/