ANAK KECANDUAN MAKANAN MANIS

ANAK KECANDUAN MAKANAN MANIS? YUK GANTI DENGAN CAMILAN SEHAT INI!

Berdasarkan keterangan dari para ilmuwan di University of New South Wales, Australia, konsumsi gula berlebih pada anak-anak dapat merangsang risiko obesitas dan masalah pada otak. Studi ini mengejar perubahan pada bagian benak yang dinamakan hippocampus, yang bertugas untuk menata stres dan memori. Singkatnya, anak yang kejangkitan makanan manis punya risiko lebih banyak terkena stres dini. Bagi menurunkan risiko tersebut, berikut ialah rekomendasi camilan sehat untuk anak yang kejangkitan makanan manis.

Pisang Beku Celup Cokelat
Untuk mengatasi kejangkitan makanan manis pada anak, kamu dapat memberikannya camilan sehat. Buah pisang yang diubah jadi es pastinya akan digemari oleh anak di rumah. Caranya gampang kok, kamu melulu perlu menyiapkan pisang kepok yang telah matang, dark chocolate, dan tusuk sate. Kupas pisang, kemudian beri tusuk sate sebagai pegangannya. Kemudian celupkan pisang ke dalam dark chocolate yang telah dicairkan. Setelah itu, taruh pisang dalam wadah bersih dan masukkan ke freezer.

Di samping rasanya enak, pisang pun menyimpan segudang manfaat untuk kesehatan, laksana menyehatkan jantung, memperlancar pencernaan, dan menstabilkan gula darah. Sementara guna cokelat sendiri, makanan ini kaya bakal flavonoid, jenis antioksidan yang dapat menangkal efek buruk radiasi dan baik untuk mata.

Potongan Buah Segar dan Greek Yoghurt
Kecanduan makanan manis bisa riskan untuk kesehatan anak, lho. Yuk, buat kudapan manis namun sehat dari olahan greek yoghurt dan buah segar! Pilih buah yang digemari anak, kemudian cuci dan potong dalam ukuran sedang. Setelah itu, campurkan potongan buah ke dalam greek yoghurt. Jangan langsung dimakan, ya. Lebih enak bila kamu simpan dulu di dalam kulkas, baru setelahnya dicicipi saat dingin. Karena greek yoghurt mempunyai rasa yang lembut dan creamy, kudapan manis ini pastinya akan disukai oleh anak. Di samping itu, yoghurt sendiri menawarkan tidak sedikit manfaat untuk tubuh, laksana memperlancar sistem pencernaan, menambah daya tahan tubuh, dan menjadi sumber energi.

Kacang-kacangan
Karena kejangkitan makanan manis dapat membuat anak rentan terhadap obesitas dan masalah pada otak, berikan dia kacang-kacangan sebagai gantinya. Kacang-kacangan sendiri jenisnya paling beragam, mulai dari mede, hazelnut, almond, kacang tanah, dan masih tidak sedikit lagi. Di samping baik guna jantung dan otak, kacang-kacangan pun berisi tidak sedikit thiamin dan vitamin E, yang dapat mengolah glukosa jadi energi yang dibutuhkan tubuh.

Buah Kering
Studi yang dikutip oleh Journal of American College of Nutrition pada tahun 2005, mengindikasikan bahwa buah kering paling kaya bakal antioksidan. Jenis antioksidan yang tidak sedikit ditemukan pada buah kering ialah Phenols. Kandungan Phenols paling tidak sedikit dijumpai pada buah ara atau kurma, yang berkhasiat dalam menyehatkan jantung, menurunkan risiko kehancuran otak dan diabetes. Buah kering tentunya dapat jadi pilihan yang baik guna mengatasi kejangkitan makanan manis pada anak.

Camilan dari Chia Seed
Chia seed dirasakan sebagai makanan super sebab berisi tidak sedikit vitamin dan mineral yang baik guna tubuh. Di samping itu, chia seed pun kaya serat yang bagus guna sistem pencernaan. Bahkan, di dalam 2 sdm chia seed, kamu dapat memperoleh 11 gram serat.

Untuk menciptakan camilan sehat dari chia seed, sediakan santan yang telah matang, chia seed secukupnya, kayu manis, dan vanila. Campur seluruh bahan dan taruh dalam wadah gelas kaca. Simpan dalam lemari es sekitar semalam dan sajikan bareng potongan buah segar di atasnya.

Kecanduan makanan manis dapat membawa akibat buruk pada kesehatan anak. Oleh sebab itu, yuk ganti dengan camilan yang sehat! Di samping itu, menurut imbauan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, konsumsi gula masing-masing hari hanya disarankan sebanyak 50 gram atau tidak lebih dari 4 sdm. Sumber : www.pelajaran.co.id